Miris!! Desa Kutamekar, Kibarkan Bendera Merah Putih Yang Sudah Sobek & Kusam

  • Whatsapp

KARAWANG, media3.id- Miris! di Depan Kantor Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang berkibar bendera merah-putih yang sudah sobek dan kusam. Diduga bendera yang sudah sobek dan kusam tersebut sengaja dikibarkan walaupun dalam Undang-undang ada sanksi pidana 1 Tahun penjara dan denda sebesar 100 juta rupiah.

 

Read More

Belum diketahui apa yang menjadi alasan bendera yang sudah sobek dan kusam tersebut di kibarkan oleh pemerintah desa Kutamekar.

 

padahal dalam Undang-undang Nomor 24 tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan. Terdapat larangan bahkan tak main-main ada sangsi Pidana selama satu tahun atau denda paling banyak Rp 100.000.000,-00.

 

Seperti tertuang dalam Pasal 67 Dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp100.000.000,-00 (seratus juta rupiah), setiap orang yang:

a. dengan sengaja memakai Bendera Negara untuk reklameatau iklan komersial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf b;

b. dengan sengaja mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf c;

c. mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf d;

d. dengan sengaja memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Negarasebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf e.

 

Namun sayangnya saat dikonfirmasi Sekertaris desa Kuta mekar seperti sulit ditemui untuk dikonfirmasi apa yang menjadi alasan mengapa bendera Merah putih yang sudah sobek tersebut masih juga dikibarkan.

 

Bahkan salah satu pegawai desa yang mengaku bernama Dedi seperti menghalangi wartawan untuk menemui sekertaris desa, Bakan ia mengatakan mau konfirmasi apa ke sekretaris desa.

 

Setelah dijelaskan soal bendera sobek dan kusam yang dikibarkan di halaman kantor desa Kutamekar, Akhirnya Dedi menjelaskan bahwa bendera sobek tersebut dikarenakan tiupan angin kencang dan dipasang setiap hari. Namun demikian ia mengaku bendera yang sobek dan kusam tersebut tidak sengaja dikibarkan

 

Akibat angin kencang dan tidak sengaja dikibarkan,” kata Dedi kepada wartawan media3.id, di depan kantor desa Kutamekar sambil menatap bendera sobek dan kusam, Selasa (02/04/24).

 

Iapun mengucapkan terimakasih kepada wartawan karena telah dikasih tau soal bendera yang sobek dan kusam yang berkibar di depan kantor desa, karena, kata dia, dirinya baru tahu setelah dikonfirmasi oleh wartawan.

 

“Untung bapak ngasih tahu karena karena saya juga baru tahu,” jelasnya.

 

Namun sepertinya Dedi melarang wartawan untuk menemui sekertaris desa, sehingga dirinyalah yang menjawab pertanyaan wartawan soal apa yang menjadi alsan bendera merah putih yang sobek dan kusam dikibarkan di depan kantor desa.

 

Reporter: D H

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *