Minat Masyarakat Karawang Bekerja Keluar Negeri Berkurang

  • Whatsapp

Roni Staf PTSP Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang

KARAWANG, Media3.id- Pasca Pandemi covid-19 dan sebelum ada aplikasi SIAP KERJA minat masyarakat Karawang berkurang untu bekerja ke luar negeri atau Buruh Migran Indonesia (BMI). Kamis (03/08/23)

Read More

 

Saat diwawancara Roni staf Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang mengatakan minat masyarakat Karawang untuk bekerja ke luar negeri menurun bila dibandingkan sebelumnya pandemi covid-19.

 

“Dulu sebelum covid-19 dan belum ada aplikasi SIAP KERJA perbulan bisa mencapai 400 warga Karawang yang bekerja ke luar negeri,” kata Roni di ruangan kerjanya di Disnakertrans Karawang di jalan Surotokunto Karawang, Kamis (03/08/23).

 

Lanjutkan bila dibandingkan sebelum pandemi covid-19, dalam perhari masyarakat Karawang yang membuat paspor untuk bekerja ke luar negeri mencapai 20 orang bahkan lebih, namun sekarang paling banyak 10 orang bahkan 5 orang perharinya.

 

“Kalau sekarang kadang 10 orang dan kadang 5 orang warga Karawang yang buat paspor ke luar negeri untuk bekerja,” jelasnya.

 

Dikatakan olehnya belum diketahui apa penyebab turunnya minat masyarakat Karawang untuk berkerja luar negeri namun bila dilihat beberapa tahun lalu belum ada aplikasi SIAP KEEJA tapi saat ini calon pekerja harus mengisi aplikasi SIAP KERJA.

 

“mungkin salah satunya dari aplikasi SIAP KERJA,” pungkasnya.

 

Laporan: Daman Huri

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *