Mengulas Penyebab Vertigo, Gejala dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp

 

Vertigo terjadi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya tekanan pada syaraf di otak akibat kelelahan

Read More

CIMAHI, Media3.id – Vertigo adalah rasa pusing yang menimbulkan sensasi palsu bahwa seseorang atau lingkungan di sekitarnya berputar atau bergerak yang dapat terjadi secara tiba-tiba.

 

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi Mohammad Dwihadi Isnalini, Vertigo terjadi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya tekanan pada syaraf di otak akibat kelelahan.

 

“Kalau Vertigo disebabkan dari syaraf, sudah jelas karena kelelahan. Oleh karena itu, diperlukan istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi syaraf,” ucap Dwihadi, Senin (12/2/2024).

 

Faktor lainnya penyebab munculnya gejala Vertigo, sambung Dwihadi, dapat juga dipengaruhi oleh kondisi cuaca.

 

“Secara tidak langsung perubahan cuaca membuat seseorang tidak nyaman dan dapat menggangu istirahatnya, mungkin itu juga bisa mempengaruhi munculnya Vertigo,” katanya.

 

Bahkan, beban pikiran dan tekanan psikologis bisa menjadi pemicu terjadinya Vertigo juga.

 

“Maka dari itu, saya sarankan untuk melakukan penanganan khusus untuk kasus Vertigo yang sudah mencapai tingkat parah,” jelasnya.

 

Lebih jauh Dwihadi memaparkan bahwa gejala Vertigo ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, diperlukan konsultasi medis dalam mendiagnosis dan menanganinya secara tepat, guna meminimalkan dampaknya terhadap kualitas hidup.

 

“Langkah awal untuk mengurangi gejala Vertigo ini dengan menerapkan pola hidup sehat juga dengan istirahat yang cukup,” imbuhnya.

 

Selain itu, lanjut Dwihadi, dapat pula mengantisipasinya dengan mengkonsumsi obat untuk mengurangi gelaja tersebut kemudian istirahat yang cukup, pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi disertai olahraga.

 

(Sinta)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *