Harga Beras Melambung di Lumbung Padi. Stok Cadangan Pangan Karawang Belum digunakan

  • Whatsapp

KARAWANG, Media3.id- Masyarakat Kabupaten Karawang khususnya ekonomi bawah menjerit dengan melonjaknya harga beras eceran yang mencapai Rp 13.500/liter. Padahal Kabupaten Karawang merupakan lumbung padi Nasional.

 

Saat ditemui di ruang kerjanya kepala bidang tanaman pangan di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang mengaku bahwa harga beras saat ini sedang melonjak namun demikian ia enggan menyebut berapa harga beras saat ini karena bukan kewenangannya. Namun demikian kata dia Pemda Karawang masih memiliki stok beras yang di simpan di BULOG Karawang.

 

“Kalau kesediaan pangan masih aman karena Kabupaten Karawang memiliki cadangan pangan daerah sekitar 100 ton yang masih di simpan di BULOG,” kata Yayat kepala Bidang Pangan di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang.

 

Ditempat berbeda, Kepala Bidang Tanaman pangan di Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan Kabupaten Karawang menjelaskan bahwa di tahun 2023 petani di kabupaten Karawang tidak ada yang mengalami gagal panen di tahun 2023 “Enggak ada yang gagal panen,” kata Nani saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (26/02/24).

 

Bahkan kata dia mahalnya harga padi yang berimbas pada harga beras bukan terjadi di Kabupaten Karawang saja namun merata di Indonesia

 

“Karena itu seluruh Indonesia ya, Harga beras e harga gabah tinggi. Dimana-mana juga tinggi (mahal) enggak hanya di Karawang saja,” jelasnya.

 

Iapun menjelaskan produksi padi di tahun 2013 mencapai 1,3 ton yang tersebar di 30 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang “Produksi padi 1,3 Ton,” pungkasnya.

 

Reporter: D H

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *