Baznas Kota Banjar Gelar Baznas Award tahun 2024

  • Whatsapp

Banjar, media3.id- Penjabat Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, S.E., S.H., M.Si., Menghadiri Baznas Award Kota Banjar 2024 bertempat di Taman Pusda’i Kota Banjar, Senin (26/02/2024).

 

Read More

Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Wakil Ketua 3 Baznas Provinsi Jawa Barat, Perwakilan Forkopimda, Para Kepala Perangkat Daerah serta jajaran pengurus Baznas Kota Banjar.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan 10 kategori penghargaan Baznas Award Kota Banjar tahun 2024, yaitu UPZ Dinas Instansi Pengumpulan ZIS Terbaik (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan), Desa/Kelurahan dengan Pengumpulan Program infak Jumat Berkah terbaik (Kelurahan Situbatu), UPZ Sekolah Pengumpulan ZIS Terbaik (SMPN 1 Kota Banjar), UPZ Dinas Instansi Dengan Pelaporan Terbaik dan terapih (Dinas Kesehatan Kota Banjar), Muzakki perorangan teladan (Randi Randiansyah, Polres Banjar) Kepala Desa/Kelurahan Pendukung ZIS terbaik (Desa Cibeureum), UPZ DKM teladan pada Program Infak Jumat Barokah (DKM Al-Azis Banjarkolot), UPZ Desa Kelurahan dengan Pelaporan Infak Off Balance Sheet teraktif (Kelurahan Hegarsari), Program Pendayagunaan Santri entreupreuneur teraktif (Pondok Pesantren Bustanul Ulum) serta Pemerintah Desa Pelopor Program Desa Zakat di Kota Banjar (Desa Mekarharja).

 

Dalam arahanya, Pj. Wali Kota menuturkan bahwa Badan Amil Zakat (Baznas) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) pada tingkat nasional.

“Saya bersyujur Kota Banjar sudah terbentuk Baznas Kota Banjar lengkap dengan Kantor tersendiri yang telah banyak berkontribusi dalam pembangunan khususnya dalam menyalurkan pelayanan kepada 8 asnap sesuai ketentuan syariat Islam. Baznas bukan milik pribadi, kelompok, golongan ataupun partai politik. Baznas Juga tidak bisa digunakan sebagai alat kampanye, namun Baznas murni sebagai Badan pemungut, penglelola serta penyalur Zakat dari Umat.” Ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah rela gaji serta tunjanganya dipotong untuk membayar zakat dan disalurkan ke delapan asnap oleh Baznas Kota Banjar.

 

“Saya juga yakin bahwa sesungguhnya para Muzakki telah ikhlas mengeluarkan zakat, infak dan shodaqohnya kepada baznas Kota Banjar, akan tetapi dengan adanya baznas Award ini diharapkan akan memacu dan memotivasi masyarakat yang memiliki kemampuan secara finansial yang belum mengeluarkan kewajiban zakatnya untuk segera mengeluarkan zakatnya melalui baznas kota Banjar. “Pungkas Pj. Wali Kota Banjar.

(tm)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *