UPTD Wilayah 6 DBMSDA Kabupaten Tangerang Lakukan Penanganan Darurat Saluran Pembuang Salembaran Kecamatan Kosambi

  • Whatsapp

Kabupaten Tangerang (Banten), media3.id – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) kabupaten Tangerang melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) wilayah
6, yang meliputi tiga kecamatan antara lain kecamatan Kosambi, Tekuknaga dan Pakuhaji. Melaksanakan kegiatan penanganan darurat saluran pembuang Salembaran, yang berada dilokasi Kampung Cilampe Kelurahan Salembaran, Jaya kecamatan Kosambi kabupaten Tangerang, pada hari Jumat (03 Maret 2023)

Meluapnya saluran pembuangan Salembaran ini karena intensitas curah hujan yang cukup tinggi pada sepekan ini. Sehingga saluran pembuang tidak dapat menampung debit air, hingga meluap kepemukiman warga. Wilayah pemukiman warga yang terendam banjir antara lain di RT 01dan RT 04 , RW 03 kampung Cilampe, kelurahan Salembaran Jaya, dan sebanyak 240 kepala keluarga terendam banjir.

Read More

Menurut kepala UPT wilayah 6 H. Suhanda SH, MSI, yang ditemui dilokasi banjir mengutarakan, Penangana darurat saluran pembuangan Salambaran dikampung cilampe, menggunakan satu unit alat Beko, serta satu buah pompa penyedot Air, r serta satu unit truk untuk mengangkut bebatuan untuk pembuatan tanggul darurat sementara disaluran pembuang.

” Kita menggunakan satu unit alat Beko untuk mengangkat lumpur dari badan saluran pembuang yang kita akan campur dengan satu truk batu dan tanah kering, yang akan kita gunakan sebagai tanggul darurat penahan air yang berada disisi kanan jalan,” jelas H suhanda.

” Pemasangan tanggul darurat sepanjang 250 meter berada disebelah kanan saluran pembuangan. Setelah tanggul darurat terpasang dititik yang terkena banjir, setelah itu akan dilakukan penyedotan air menggunakan mesin pompa penyedot yang kita pinjam dari Workshop DMBSDA kabupaten Tangerang,” ungkapnya.

tambahnya, Penggunaan mesin pompa penyedot air yang dimiliki Dinas Bina marga dan SDA kabupaten Tangerang ini, digunakan untuk pertama kalinya dan sebagai uji coba alat penyedot air milik Dinas Bina marga dan pengairan dilokasi kampung Cilampe yang terendam banjir karena luapan saluran pembuangan Salembaran,” ujarnya

Ditemui dlokasi yang sama Tri Laksono tim distributor mesin pompa banjir ini, mengatakan, ” penggunaaan pompa penyedot air ini untuk pertama kali ini digunakan di saluran pembuangan Salambaran, dengan kapasitas mesin penyedot air 300 liter perdetik, head 6 meter. Apabila tidak mencapai 6 meter, maka debit air yang dibuang akan bertambah,” jelas Tri dari distributor.

Menurut Maryanih warga kelurahan Salembaran yang ditemui dilokasi yang terendam banjir, mengungkapkan, orang tuanya yang bertempat tinggal dikampung Cilampe RW 03. Sudah hampir satu bulan ini rumah orang tuanya terendam banjir. Banjir semakin parah dalam satu pekan ini. Rumahnya orngnya terendam hingga satu meter,” Ungkap Maryanih.

“Karena terendam banjir cukup parah, hingga orang tua mengungsi kerumah di kavling gang Gigi RT 01 RW 03 kelurahan Selambaran jaya. mudah – mudahan banjir seger surut sehingga orang tua bisa kembalik kerumah dan dapat beraktifitas kembali,”tutupnya (dia)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *