Pemda Provinsi Jabar Dinilai Terbaik dalam Kematangan Keamanan Siber

  • Whatsapp

 

 

Read More

KOTA BEKASI, media3.id –-Pemda Provinsi Jawa Barat menerima penghargaan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk Instansi Pemerintah Daerah yang telah memiliki nilai kematangan keamanan siber terbaik pada 2022.

 

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar Ika Mardiah dalam Focus Group Discussion Penilaian Tingkat Maturitas dan Pelaporan Tahunan Profil Keamanan Siber Sektor Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Tahun 2022 di Avenzel Hotel dan Convention Cibubur, Kota Bekasi, Selasa (6/12/2022).

 

“Keamanan siber menjadi perhatian Pemprov Jabar dengan menerapkan SMKI ISO/SNI 27001:2013, membentuk CSIRT dan aktif melakukan diseminasi dan kolaborasi dengan semua pihak,” tutur Ika.

 

Setiap tahun, BSSN melakukan penilaian pengukuran kematangan keamanan siber kepada instansi di pemerintah daerah dan instansi pusat untuk mengetahui tingkat maturitas keamanan siber di masing-masing instansi.

 

Dengan adanya tingkat maturitas ini, diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai apa yang harus menjadi tindak lanjut, baik oleh stakeholder maupun BSSN untuk meningkatkan maturitas keamanan siber.

 

Penilaian tingkat maturitas Pemda Provinsi Jabar dilakukan oleh BSSN pada 18 dan 19 Oktober 2022 dengan menggunakan Tools Cyber Security Maturity. Tools ini merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengukur kematangan keamanan siber di organisasi.

 

Adapun ruang lingkup yang dinilai adalah pemetaan aspek penanganan insiden yang meliputi aspek tata kelola, aspek identifikasi, aspek proteksi, aspek detek, dan aspek respons.

 

(Aby)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *