SIDAKEPTri Diharapkan Jadi Solusi Mengatasi Masalah Ketenagakerjaan Di Kota Cimahi

  • Whatsapp

Foto bersama Kepala Disnaker Kota Cimahi Yanuar Taufik bersama siswa pelatihan ketenagakerjaan

CIMAHI, Media3.id –Berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi Drs Yanuar Taufik, Guna mengatasi masalah ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi menyiapkan e-Skill Up pada Aplikasi Sistem Informasi Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan Terintegrasi (SIDAKEPtri) Mobile.

Read More

“Layanan tersebut sebagai pengembangan dan penyempurnaan aplikasi SIDAKEPTRI,

“Karena Kota Cimahi memiliki angka Tingkat Pertumbuhan Angkatan Kerja (TPAK) yang sangat besar. Namun masih ada kendala dalam penyerapan tenaga kerja yang ada,” tukasnya.

“Belum terserapnya tenaga kerja yang ada karena kemungkinan adanya ketidaksesuaian antara karakteristik angkatan kerja dengan karakteristik jenis pekerjaan yang ada,” sambung Yanuar.

Selanjutnya menurut Yanuar kembali, bahwa permasalahan ketenagakerjaan sangat terkait dengan skill dan kompetensi pencari kerja yang belum sesuai kebutuhan pasar kerja, terbatasnya lapangan kerja serta banyaknya perusahaan yang lock out serta kurangnya informasi pasar kerja.

“Hal ini diperparah dengan adanya pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum berakhir,”.

Sesuai dengan misi Kota Cimahi, yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas kesempatan kerja, pengembangan dan penyempurnaan aplikasi SIDAKEPtri Mobile diharapkan akan dapat mengatasi masalah ketenagakerjaan di Kota Cimahi.

Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi banyak melakukan upaya untuk mengurai masalah ketenagakerjaan di Kota Cimahi. Diantaranya pendataan angkatan kerja, pelatihan-pelatihan, peningkatan produktivitas, pemagangan dan penyaluran tenaga kerja. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah tenaga kerja yang produktif dan berkualitas dalam hubungan kerja yang harmonis dan saling menguntungkan.

Selain penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Cimahi, diperlukan juga kebijakan strategis untuk tetap memberikan data tenaga kerja yang akurat.

Aplikasi SIDAKEPtri Mobile dirancang untuk menjembatani pencari kerja, perusahaan, pemerintah, Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), dan Bursa Kerja Khusus (BKK) untuk dapat bertemu dan mendapatkan informasi.
Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store.
Dengan mendaftarkan diri melalui akun di aplikasi SIDAKEPtri, para pencari kerja dapat memperoleh Kartu Kuning atau AK1 untuk keperluan mencari pekerjaan.
Melalui aplikasi SIDAKEPtri mobile pengusaha atau pemberi kerja untuk dapat mengunggah lowongan pekerjaan dan lowongan tersebut akan muncul di aplikasi selama satu bulan sehingga para pencari kerja dapat memperoleh informasi lowongan pekerjaan yang ada di Kota Cimahi.

Pengembangan dan penyempurnaan aplikasi SIDAKEPTRI Mobile terus dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi untuk dapat menekan angka pengangguran di Kota Cimahi. Penambahan fitur e-Skill Up memungkinkan para pencari kerja untuk mengikuti pelatihan secara daring dari instruktur yandal dan terpercaya.

“Saya berharap para pencari kerja, perusahaan yang membutuhkan karyawan, lembaga pelatihan ketenagakerjaan, para alumni LPK dan Bursa Kerja Khusus dapat memanfaatkan aplikasi SIDAKEPTRI Mobile agar selalu mendapatkan informasi peluang kerja yang selalu up to date,” tandas Yanuar.

(Sinta)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *