Luthfi: “Polda Jateng Pasti Amankan Turnamen Piala Presiden 2022”

  • Whatsapp

Suasana geladi resik persiapan pembukaan turnamen Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Jumat (10/6/2022) kemarin.

SURAKARTA, media3.id – Di sela-sela pembukaan Piala Presiden di Stadion Manahan Solo, Sabtu (11/6/2022), Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, tegaskan jaminan keamanan dan menyiapkan sejumlah layar lebar di beberapa lokasi kawasan Stadion Manahan. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan dan penumpukkan massa. Ia juga mengatakan ketentuan terkait dengan pertandingan Piala Presiden yakni minimal mempunyai vaksin primer atau dua kali vaksin.

Read More


“Aglomerasi (pemusatan dalam wilayah; red) Soloraya hampir 125 persen telah vaksin primer, sehingga secara formal mampu untuk melaksanakan pertandingan ini (Piala Presiden),” ungkapnya.

Kapolda menambahkan sejumlah 850 personel gabungan Polri, TNI dan Pemkot Surakarta siap amankan event ini. Pengamanan ini juga dijadikan role model mendatang sepak bola besar mulai dari Solo.
“Ada empat stadion yang akan digunakan untuk turnamen Piala Presiden 2022, salah satunya adalah Stadion Manahan Solo,” kata Kapolda.

Kapasitas Stadion Manahan mampu menampung sebanyak 20.000 penonton. Hasil koordinasi dengan panitia pelaksana (Panpel) pertandingan akan ditonton maksimal 75 persen dari kapasitas atau sekitar 15.000 tiket yang dijual pada laga pertama secara online kepada koordinator suporter masing-masing.

“Kami sudah menyampaikan kepada panpel agar tidak ada penjualan tiket di stadion. Semua penonton yang datang masuk Stadion Manahan sudah mendapatkan tiket. Penonton juga dicek aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk stadion karena harus dilengkapi vaksin primer dosis satu dan dua. Polda Jateng menjamin keamanan selama Gelaran Piala Presiden di Venue Manahan Solo,” tandas Kapolda.

Sesuai jadwal, di Stadion Manahan akan digelar 10 pertandingan pada babak penyisihan Grup A yang diikuti lima tim, yakni Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang, dan PSS Sleman. Pertandingan babak penyisihan Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo dimulai hari Sabtu (11/06/2022), bertanding antara Persis Solo melawan PSS Sleman.

GIGI Band turut meriahkan acara pembukaan turnamen Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (11/6/2022).

Sementara itu Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule saat berbincang dengan pewarta dalam acara pembukaan turnamen di Stadion Manahan Kota Solo, mengatakan Stadion Manahan merupakan stadion yang bertaraf internasional dan dipersiapkan sebagai venue Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Sehingga, adanya turnamen praomusim Liga 1 ini menjadi bentuk uji coba kesiapan panpel sekaligus penonton yang menyaksikan pertandingan di masa pandemi Covid-19.

“Kenapa di Kota Solo? Kami mengecek kembali kesiapan seluruh venue Piala Dunia, salah satunya Stadion Manahan Kota Solo. Stadion ini memiliki standar internasional dan sudah siap menggelar Piala Dunia,” terang Iwan Bule yang didampingi Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

• (Shaleh Rudianto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *