DPD SWI Kota Depok Siap Kolaborasi Wacana Lebaran Kampung Duren

  • Whatsapp

CILODONG, Menggali potensi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui potensi wisata budaya dan seni di wilayah Kecamatan Cilodong adalah peninggalan rumah asli Betawi di Kampung Duren RT.02/03 Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong Kota Depok.

Hal itu diungkap Lurah Kalimulya Asep pada acara Ngopi Bareng bertajuk “Meningkatkan PAD melalui Potensi Wisata di Wilayah Kecamatan Cilodong,” yang digelar Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Kota Depok di New Wajan Tepi Danau Cafe, Cilodong pada Selasa (27/02/2024).

Read More

Selain nilai sejarahnya rumah asli Betawi, menurut Asep, budaya Betawi masih melekat bagi warga Kampung Duren. Tahun lalu, rumah itu sudah dikaji dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Depok untuk ditetapkan sebagai cagar budaya.

Rumah asli Betawi itu sekira 150 tahun umurnya, lanjut Asep, warna rumahnya hijau dengan nuansa etnik khas Betawi. Pokoknya persis rumah-rumah Betawi jaman dulu.

“Nah kalo mau kita kolaborasi di Kampung Duren. Fashion pakian adat Betawi, musiknya, makanan tradisionalnya. Biasanya menjelang lebaran mereka bikin dodo, andilan daging kebo dan ada makan bersama-sama. Apalagi jika rumah asli Betawi itu bisa jadi ikon wisata budaya di Kota Depok,” terang Asep.

Sementara, Ketua LP2MAS Maya Aprilia yang juga hadir di Ngopi Bareng mengatakan akan menggelar fashion show berupa kebaya dengan disain-disain batik kota Depok.

“Ayo deh pak Lurah dan pak Camat. Kita gelar fashion Kebaya dengan kain khas motif batik kota Depok,” sambutnya dengan antusias.

Senada, Ketua IDN Alvin mensupport untuk digelarnya budaya Betawi dan fashion show Kebaya di Kampung Duren, Kalimulya itu.

“Jadiin pak Camat di lebaran besok. saya support untuk musik dan peralatannya,” ujar Alvin penuh semangat.

Ngobar yang berlangsung dua jam itu, dihadiri Camat Cilodong dan para Lurah se Kecamatan Cilodong, Ketua Pokdarwis Situ Cilodong, Baraya Care, IDN, P2MAS dan sejumlah wartawan. (Ardhie)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *