Petugas KPPS Dibekali Bimbingan Teknis Untuk Cegah Technical Error 

  • Whatsapp

Petugas pemungutan suara TPS 08 Desa Tegalyoso yang diketuai Ovy Hadi (keempat dari kiri). (Foto: Rudi Shaleh)

KLATEN (Jateng)- Sebanyak 29.386 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) untuk 4.198 tempat pemungutan suara (TPS) di Klaten pada Pemilu 2024 dilantik, Kamis (25/1/2024).

Read More

 

Seusai pelantikan, seluruh KPPS akan mengikuti bimbingan teknis oleh masing-masing PPS dan PPK. Rencananya, Bimtek itu digelar pada Jumat-Minggu (26-28/1/2024).

 

Ketua KPU Klaten, Primus Supriono, mengatakan setelah pelantikan seluruh KPPS akan mengikuti Bimtek. Tak hanya perwakilan, seluruh KPPS di masing-masing TPS mengikuti pelatihan itu.

 

“Agar mereka memiliki keterampilan yang dibutuhkan saat bertugas pada Pemilu kali ini, mereka akan mengikuti Bimtek. Kalau beberapa tahun lalu, yang mengikuti Bimtek itu dua atau tiga orang [dari masing-masing KPPS]. Untuk Pemilu kali ini, mereka [seluruh KPPS] kami berikan Bimtek secara berlapis jadi komisioner KPU terlibat, PPK, serta PPS,” jelas Primus.

 

Selanjutnya terkait komposisi KPPS, dikatakan oleh Muhammad Ansori komposisinya berimbang antara yang berpengalaman, personil baru dan personil muda.

 

“Kisarannya KPPS yang berpengalaman [sudah pernah menjadi KPPS pada Pemilu sebelumnya] antara 51 persen hingga 55 persen dan KPPS baru [kali pertama menjadi petugas] 45 persen hingga 49 persen,” ucap Muhammad Ansori, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi masyarakat dan SDM KPU Klaten.•

Ketua PPS Desa Tegalyoso Aris Purwanto (kanan) usai wawancara dengan media3.id. (Foto: Rudi Shaleh)

Sementara itu Ketua PPS Desa Tegalyoso Klaten Selatan Aris Purwanto mengatakan potensi kerawanan pemungutan suara di wilayahnya diyakini nihil.

 

“Kerawanan nihil, namun kami tetap pastikan layanan terhadap pasien rawat inap yang memiliki hak memilih akan dilaksanakan dengan baik. Untuk itu kami telah koordinasikan dengan humas rumah sakit Soeradji Tirtonegoro berkenaan dengan data petugas dan teknis pemungutan suara pasien rawat inap”, jelas Aris.

 

Dikatakannya tiga belas TPS di Desa Tegalyoso telah siap melaksanakan tugas, dengan didahului bimbingan teknis (bimtek) dua hari mendatang.•

(Shaleh Rudianto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *