Kolaborasi UMKM Jabar Juara “Menuju Kesuksesan UMKM” di Era Digital

  • Whatsapp

Pendamping UMKM Juara Koordinator Daerah Cimahi Dani Hamdani, SE (Tengah), Creative Director AE Studio, Dwinta Maya Sari (Kanan), dan Ketua Himpunan UMKM Cimahi Utara Selvi Putri (Kiri)

CIMAHI, Media3.id – UMKM Jabar Juara kembali menggelar acara bertajuk “Strategi Inovatif dan Kolaboratif ‘MENUJU KESUKSESAN UMKM’ Dalam Era Digital”, di Gedung Cimahi Techno Park (CTP), Jalan Baros Cimahi Selatan, Selasa (25/7/2023).

Read More

Pendamping UMKM Juara Koordinator Daerah (Korda) Cimahi Dani Hamdani, SE, yang merupakan Owner Kawan Plesir Tour berkolaborasi dengan Dwinta Maya Sari selaku Creative Director AE Studio dalam menciptakan foto produk yang professional untuk menarik konsumen.

Creative Director AE Studio, Dwinta Maya Sari mengatakan dengan dirinya menjadi narasumber dalam acara ini, bertujuan untuk menyemangati para UMKM dan memberikan inside baru mengenai visual tentang foto produk,

“Saya disini ingin memberi pemahaman kepada para UMKM, bahwa yang pertama kali dilihat dari digital itu pasti visualnya, jadi diharapkan para UMKM menghadirkan visual yang baik dan menarik sebelum produk itu dipasarkan”, ujar Dwinta.

Seperti yang diungkapkan Dwinta, mengenai foto produk yang dihasilkan oleh studionya sangat berpengaruh terhadap kenaikan Omzet atau Penghasilan UMKM itu sendiri,

“Terbukti dengan adanya testimoni dari peserta UMKM yang sudah memakai jasa profesional kami, rata-rata penjualannya meningkat,” ucapnya.

5 Pelaku UMKM of The Month Juli 2023

Karena dikatakan olehnya, dalam dunia digital itu pembeli melihat produk dari visual terlebih dahulu kemudian merasakan produknya.

“Kalau puas pasti akan repurchase kembali (Membeli kembali),” imbuhnya.

AE Studio berdiri di Tahun 2019 dan kini memiliki 8 tim dan pelanggannya sudah mencapai ribuan UMKM di Kota Bandung, sedangkan di Kota Cimahi ini merupakan yang pertama kalinya.

Dengan pelatihan ini, dirinya memberikan jasa foto pada beberapa UMKM itu free alias gratis,

“Tetapi apabila mereka kembali lagi, kami memasang tarif dan untuk UMKM saya memasang tarif jauh lebih murah sekitar Rp 300 Ribu dengan 15 foto produk katalog, 1 video mini klip dan foto profil untuk ownernya,” terang Dwinta.

Sementara, Ketua Himpunan UMKM Cimahi Utara Selvi Putri yang biasa disebut Teh Vi ini menanggapi bahwa kegiatan yang digelar UMKM Jabar Juara ini sangat keren untuk menambah bekal para UMKM Jabar Juara.

“Dan pada tema kali ini berkolaborasi, yang memang dalam usaha itu dibutuhkan kolaborasi yang baik dengan semua pihak, baik dari dinas maupun pelaku usaha, masyarakat sekitar dan juga calon calon pengusaha Cimahi atau wirausaha Cimahi,” ucap Teh Vi.

Di Cimahi Utara itu sendiri UMKM yang bergabung sebanyak 350 UMKM dan yang tergabung di UMKM Jabar Juara sekitar 6 orang.

Pada gelaran kali ini juga, Pendamping UMKM Juara Korda Cimahi Dani Hamdani, SE memberikan apresiasi kepada pelaku UMKM terpilih dengan memberikan sebuah plakat dan piagam penghargaan.

Adapun 5 UMKM of The Month Juli 2023 sebagai berikut ;

1. Budi Setiawan, Owner Boochi (Minuman, Cake dan Milkshake)
2. Gusti Mulyadi, Owner Arisha Mulya Sari (Pisang Krispi)
3. Lena Suryajaya, Owner Noni’s Bakery
4. Aditya Permadi, Owner Majazi (Sandal Pria Dewasa)
5. Susi Ekawati, Owner Jagung Manis Dapur Ma Uum

Salah satu Owner yang mendapat UMKM of The Month, Owner Arisha Mulya Sari (Sale Pisang Krispi), Gusti Mulyadi, sangat bersyukur atas penghargaan yang diberikan kepadanya,

“Saya mengucap syukur pada Allah SWT dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada UMKM Jabar Juara, dinas terkait, terutama untuk koordinator UMKM Kang Dani, Teh Fani dan yang lainnya atas penghargaan ini,” tutur Gusti.

Ia mengungkapkan penghasilan atau omzet dari penjualan sale pisang krispi tersebut pada bulan Juli ini,

“Alhamdulillah menembus omzet di angka Rp 190 Juta dalam satu bulan ini, dengan produksi 210 Kg sampai dengan 240 Kg dalam 1 hari dan dengan mempekerjakan 9 pegawai,” terangnya.

Diakuinya, UMKM Jabar Juara sangat membantu usahanya terutama dalam legalitas usahanya,

“Dari mulai NIB, SPP-IRT, sampai Sertifikat Halalnya, dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih buat Kang Dani yang telah membantu saya dari awal,” pungkasnya.

 

(Sinta)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *