Ternyata Los & Kios Yang di Bangun PT VIM Untuk Pedagang Pasar Lama Rengasdengklok Sesuai Data Tahun 2018

  • Whatsapp

 

 

Read More

KARAWANG, media3.id – Pada Tahun 2018 Lalu Pemda Karawang mendata pedagang pasar lama Rengasdengklok sebelum pembangunan pasar baru proklamasi dibangun. Namun setelah pembangunan pasar sudah selesai ternyata masih banyak pedagang pasar lama Rengasdengklok tidak kebagian los dan kios yang jumlahnya mencapai ratusan.

 

Jumlah Los dan Kios yang dibangun oleh pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karawang melalui PT Visi Indonesia Mandiri (VIM). Bahkan los dan kios yang dibangun oleh perusahaan tersebut sudah lebih dari cukup.

 

Namun Faktanya los dan kios yang dibangun PT VIM tidak mampu menampung pedagang pasar lama Rengasdengklok, bahkan Pemda Karawang terpaksa membangun Awning namun lagi-lagi tidak mampu menampung pedagang pasar lama Rengasdengklok.

 

Saat diwawancara, Maman salah satu pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang, mengatakan bahwa Pemda Karawang sudah memprediksi bakal terjadi banyak pedagang yang tidak kebagian Los dan Kios sehingga Pemda Karawang mengambil kebijakan yang notabenenya pedagang agar pindah terlebih dahulu ke pasar Proklamasi

 

“Sudah di prediksi seperti ini makanya kita mengambil kebijakan waktu itu yuk masuk saja dulu yang notabenenya pedagang,” kata Maman Kamis (05/01/23).

 

Iapun mengatakan sebenarnya kios dan los yang dibangun oleh PT VIM diperuntukkan bagi pedagang pasar lama Rengasdengklok sesuai dengan pendataan pada tahun 2018.

 

“Kan awalnya kios dan los ini diperuntukkan untuk yang punya kios dan los di pasar lama Rengasdengklok diperuntukkan awalnya waktu pendataan tahun 2018,” jelasnya.

 

“Tapi seiring dengan berkembangnya waktu tahun 2022 ternyata memang keadaan seperti ini. Makanya waktu itu kebijakan dari pimpinan memasukkan semua pedagang,” ungkapnya.

 

Iapun memastikan bahwa kios dan los di pasar proklamasi sudah lebih dari cukup bila mengacu pada data pedagang pasar lama Rengasdengklok pada tahun 2018, satu los 1 pedagang tapi nyatanya ada yang memiliki 4 los untuk satu pedagang

 

“Seperti kita ketahui lebih dari cukup ketika memenuhi aturan. Kita sudah menyiapkan men-cek 2X2 tapi kenyataannya ada yang 4. Sebetulnya lebih dari cukup,” tuturnya.

 

Diketahui los dan kios yang dibangun oleh PT VIM sebanyak 928 dengan rincian 720 los dan kios sebanyak 208. Sedangkan jumlah pedagang yang saat ini berjualan di pasar baru proklamasi sebanyak 1580.

 

“Jadi data yang kami himpun semuanya lebih kurang 1580 pedagang,” pungkasnya.

 

DH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *