Peringati hari batik Nasional, SMKN 1 Jayakerta menggelar Fashion Batik dan Kegiatan Lainnya

  • Whatsapp

 

KARAWANG, Media3.id- Dalam rangka hari Batik Nasional yang diperingati pada tanggal 2 Oktober 2022, SMKN 1 Jayakerta melaksanakan kegiatan Fashion batik Show yang diikuti oleh masing-masing perwakilan siswa-siswi mulai dari kelas X sampai kelas XII. Senin (03/10/22).

Read More

Selain kegiatan fashion batik show, juga ada kegiatan fashion kreasi dan melukis batik yang di ikuti semua kelas. Setiap kelas diwakili oleh 6 siswa untuk 3 perlombaan yaitu lomba fashion batik show, fashion kreasi dan melukis batik.

“kegiatannya yaitu fashion batik, fashion kreasi, dan lomba menggambar batik. Sedangkan pesertanya dari perwakilan kelas dari kelas 10 sampai kelas 12 masing masing satu kelas 6 siswa” kata Abdika Mulyana siswa kelas 11 TBSM salah satu panitia pelaksana, Senin (03/10/22).

Sementara dari masing masing kegiatan perlombaan kata Andika tentunya ada hadiah untuk pemenangnya berupa trofi (piagam) dan uang bagi pemenang yang sudah disediakan oleh panitia pelaksana “Hadiahnya ada trofi dan uang juga” jelasnya.

Andika pun mengharapkan di hari batik ini semoga kedepannya semakin dicintai oleh kalangan anak muda karena karena batik merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia

“Harapannya di hari batik ini pemuda Indonesia m menjadi semakin cinta akan batik karena batik itu salah satu pakaian ciri khas bangsa Indonesia” tuturnya.

Di tempat yang sama Debi Herdiana Putra S.Pd pembina OSIS SMKN 1 Jayakerta menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wadah kreasi untuk siswa, salah satunya untuk menyampaikan bakatnya karena beberapa bulan lalu sempat viral kegiatan ketwok di jalanan sehingga siswa dapat menyampaikan atau menyalurkan bakatnya di kegiatan fashion batik yang diselenggarakan di sekolah.

“Awalnya kegiatan ini sebagai wadah kreasi anak. beberapa waktu lalu sempat viral tuh ketwok yang di jalan-jalan. Nah kita mewadahi daripada di luar, mandiri. Kita wadahi saja di sekolah untuk berkreasi membuat fashionnya sendiri, kemudian mereka membuat kreasi membatik sendiri, kemudian mereka menggambar batik sendiri terus kita menggali bakat minat siswa itu sendiri” pembina OSIS, Senin (03/10/22).

“Harapannya mudah-mudahan kedepannya dengan adanya kegiatan sekarang seluruh siswa SMKN 1 Jayakerta menjadi peduli terhadap warisan budaya terutama batik dan apalagi dikemas dengan konsep-konsep seperti hal yang diperlombakan saat ini” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini tidak menutup kemungkinan hasil karya lukisan batik dari siswa kedepannya akan dijadikan ciri khas batik SMKN 1 Jayakerta yang tentunya akan dipakai terus menerus di sekolah

“Mudah mudahan setelah ini memang itu Targetan kita, kita mencari model batik yang menjadi ciri khas SMKN 1 Jayakerta yaitu nantinya yang akan dipakai jika layak, jika bagus yang akan kita pakai terus-menerus menjadi batik SMKN 1 Jayakerta” pungkasnya.

(DH)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *