Kades Karyamulya Menilai Data Stunting Yang dimiliki DPPKB Karawang diduga Fiktif Karena Tidak Sesuai Fakta

  • Whatsapp

KARAWANG, Media3.id – Kepala desa Karyamulya, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang meminta kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang jangan asal mengeluarkan data soal jumlah stunting di Kabupaten Karawang.

Read More

Kepala Desa Karyamulya, Alek Sukardi SH, MH menilai data yang disampai DPPKB soal jumlah stunting diduga tidak sesuai dengan apa yang ada di lapangan atau di desa.

Dugaan adanya data stunting yang fiktif atau tidak sesuai dengan fakta berawal dari Kepala Desa Karyamulya mendapatkan informasi dari DPPKB Kabupaten Karawang bahwa di desanya ada 4 balita yang mengalami stunting namun DPPKB tidak melengkapi dengan alamat lengkap.

“Sepengetahuan saya tidak ada balita stunting. Saya sempat minta alamat lengkapnya tapi DPPKB tidak memberikan” kata Alek kepala Desa Karyamulya, 15/07/22).

Dugaan data fiktif pun diduga sempat dilayangkan oleh Satuan Pelaksana (Satpel) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kecamatan Rengasdengklok menyurati pemerintah desa Dukuh Karya yang menyebut ada 3 balita yang mengalami stunting.

Namun setelah di kroscek langsung oleh pemerintah Desa Dukuh Karya ke warga yang balitanya dimasukan kedalam data stunting ternyata kondisinya Tumbuh sehat.

“Setelah saya kroscek ke balita yang disangkakan stunting oleh Satpel PPKB Kecamatan Rengasdengklok ternyata tidak benar dikarenakan balitanya tumbuh sehat” kata salah satu pegawai desa Dukuh Karya saat ditemui di ruangan kerjanya.

Setelah melihat apa yang disangkakan Satpel PPKB Kecamatan Rengasdengklok tidak benar, akhirnya pemerintah desa Dukuh Karya langsung menyurati Satpel PPKB Kecamatan Rengasdengklok bahwa apa yang disangkakan tidak benar.

“Sudah saya Surati kembali. Jadi apa yang disangkakan Satpel PPKB Kecamatan Rengasdengklok sudah saya kroscek dan hasilnya balitanya sehat semua tidak ada yang Stunting” ungkapnya.

(DH)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *