Sambil Acungkan Jempol Sejumlah Perangkat desa, RT, RW & Kadus Foto Bareng bersama Bakal Calon Kepala Desa Telukambulu

  • Whatsapp

KARAWANG, Media3.id – Menjelang pemilihan penggantian antar waktu (PAW) kepala desa Telukambulu, Kecamatan Batujaya nampaknya sudah menjadi perhatian publik, apa lagi dengan beredarnya foto bakal calon kepala desa yang berfoto bareng bersama sejumlah perangkat desa dan RT.

Read More

Seperti yang disampaikan Jamin warga desa Telukambulu, Bahwa Netralitas Panitia Pilkades PAW desa Telukambulu dan perangkat desa, RT dan RW sangatlah diragukan karena sudah terlihat almanak (kalender) bakal calon kepala desa berfoto bareng bersama diduga ada Sekertaris desa, RT, RW, kepala dusun dan BPD.

“saya menduga netralitas Perangkat desa, sejumlah RT, RW, Kepala Dusun dan BPD dalam mensukseskan pemilihan PAW Kades Telukambulu” kata Jamin, Jumat (03/06/22).

Jamin pun menjelaskan secara rinci siapa saja orang yang foto bareng bersama bakal calon kepala Desa Telukambulu “ada ketua RT 03, Ketua RT 07, RW Msn, RW Mdi, BPD Ad, BPD SJ, Sekertaris Desa, RT 02, Juru tulis, RT 01, RT 05 dan Kepala Dusun Kerajan 2,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, kata Jamin peraturan Bupati Karawang Nomor 26 tahun 2016 tentang tata cara pemilihan kepala desa antar waktu melalui musyawarah desa yang tidak dilaksanakan, karena tokoh masyarakat ditunjuk oleh RT tanpa musyawarah terlebih dahulu dengan warga.

“tokoh masyarakat ditunjuk oleh RT, padahal dalam peraturan Bupati tersebut RT harus musyawarah bersama warga yang dihadiri oleh ketua RW, unsur BPD unsur pemerintah desa yang difasilitasi oleh panitia pemilihan”tuturnya

tertuang dalam pasal 18 yang berbunyi: Pasal 18:
(1) Penentuan nama-nama unsur masyarakat desa dari setiap RT sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 melalui Musyawarah RT yang dipimpin oleh Ketua RT, dihadiri Ketua RW dan unsur BPD dan unsur Pemerintahan Desa yang difasilitasi oleh Panitia Pemilihan.

(2) Waktu pelaksanaan musyawarah penentuan namanama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan oleh panitia pemilihan dengan mempertimbangkan kehadiran dari unsur BPD dan panitia pemilihan dengan berpedoman pada tahapan dan jadwal yang ditetapkan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (3).

(3) Hasil musyawarah RT sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diumumkan di RT masing-masing yang dituangkan dalam Berita Acara disertai daftar hadir.(4) Ketua RT menyampaikan hasil musyawarah sebagaimana dimaksud pada ayat (3) kepada Panitia Pemilihan untuk ditetapkan dengan Keputusan Kepala Desa setelah mendapatkan persetujuan dari BPD.

(DH)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *