Disdagkoperind Kota Cimahi Gelar Sidak Harga Minyak Goreng

  • Whatsapp

CIMAHI (Jawa Barat), media3.id – Terkait masih banyaknya pedagang yang menjual harga minyak goreng diatas harga peraturan pemerintah, Kepala Bidang Perdagangan, Sri Wahyuni pada Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi melakukan Sidak ke sejumlah agen penjual minyak curah dan pedagang minyak goreng pada Jumat (4/2/2022).

Berdasarkan hasil Sidak, pedagang kelontongan dan agen di Kota Cimahi hingga kini belum sepenuhnya mendapat pasokan minyak goreng dan curah sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET). Alhasil, mereka masih menjual minyak stok lama dengan harga jauh di atas HET.

Read More

Seperti yang diungkapkan oleh Sri, ternyata masih ada pedagang yang memang menjual sudah sesuai HET di pasar,

“Tapi ada juga yang masih mahal. Seperti minyak curah masih dijual Rp 18.250,” ujar Sri disela-sela sidak di salah satu agen minuak curah di Kota Cimahi.

Seperti diketahui, pemerintah pusat sudah menetapkan HET minyak curah dengan harga Rp 11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500 per liter, dan minyak goreng kemasan premium Rp 14.000 per liter.

Pihaknya meminta pedagang minyak goreng dan minyak curah untuk segera menjual dengan harga yang sudah ditetapkan. Terkait stok lama yang sudah terlanjur dibeli, Pemkot Cimahi berjanji akan membantu pedagang agar bisa ditukar dengan stok harga baru yang ada di distributor.

“Terkait stok yang sudah dibeli kami akan bantu return kepada distributor untuk supya harga minyak goreng sesuai HET,” sebutnya.

Kepala Disdagkoperind Kota Cimahi Dadan Darmawan Pengusaha harus kantongi Ijin Usaha Industri

Julius (50), salah seorang agen di Kota Cimahi, dirinya hingga saat ini masih menjual minyak curah jauh di atas HET. Pasalnya, ia belum mendapat pasokan minyak dengan harga yang sudah ditetapkan Kementerian Perdagangan.

“Saya masih ada sisa stok sekitar 3-4 ton lagi. Dijualnya masih mahal, karena dulu pas belanja harganya masih mahal,” ujarnya.

Julius mengaku sejak adanya harga minyak goreng murah, nyaris setiap hari masyarakat menanyakan harga terbaru.

“Tiap hari banyak yang nanyain nya harga murah, sampai saya pusing. Tapi kan saya kalau jual sesuai harga terbaru malah rugi,” tandasnya. (Sinta/bs)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *