Konvoi Grup Vespa Kota Cimahi Mewarnai HUT Kemerdekaan RI ke-78

  • Whatsapp

Pj. Walikota Cimahi H. Dikdik Suratno Nugrahawan didampingi Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono (Kiri) dan Dandim 0609/Cimahi Letkol Arm Boby (Kanan)

CIMAHI, Media3.id – Pj. Walikota Cimahi H. Dikdik Suratno Nugrahawan usai Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023, melepas 300 lebih komunitas Vespa Kota Cimahi yang berwarna merah dan putih, di Lapangan Rajawali, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Karangmekar Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Kamis (17/8/2023).

Read More

 

Upacara Peringatan HUT RI dihadiri Ketua DPRD beserta seluruh anggotanya, Unsur Forkopimda, Kesatuan TNI AD Kota Cimahi, Kepala Instansi Vertikal, Perangkat Daerah Kota Cimahi, Rektor dan Ketua Universitas, Sekolah Tinggi/Akademi, Direktur Rumah Sakit, Pimpinan Bank, Pimpinan BUMN, Ketua MUI Kota Cimahi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua Lembaga Kecamatan dan Kelurahan, Ketua Organisasi Wanita, Organisasi Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, Perwakilan Sekolah, dan elemen masyarakat Kota Cimahi.

 

Bertindak selaku komandan upacara pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tersebut, Mayor Arm. Muriadi, S.IP, Pembaca naskah proklamasi Ketua DPRD Kota Cimahi, H. Achmad Zulkarnain, Pembaca naskah Pancasila Dandim 0609, Letkol. Arm. Boby, dan pembaca naskah pembukaan UUD 1945 oleh Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono.

 

Selaku Inspektur upacara, Pj. Walikota Cimahi H. Dikdik Suratno Nugrahawan dalam sambutannya menegaskan bahwa peringatan HUT Kemerdekaan yang dilaksanakan, diharapkan dapat membawa perubahan dan pembaharuan bagi semua.

 

“Sebagai bagian dari rasa terima kasih kita kepada para pahlawan yang telah gugur di medan perjuangan dan sebuah bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara,” terangnya.

 

Ia juga mengajak semua elemen masyarakat untuk saling bahu-membahu membangun negeri ini, mewujudkan tujuan keberadaan negara ini, dengan mengimplemantasikan tema yang terkandung dalam HUT ke-78 RI Tahun 2023 ini yaitu Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

Foto bersama usai upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Lapangan Rajawali

Usai pelaksanaan Upacara tersebut, Pj. Walikota Cimahi melepas 300 lebih grup Vespa Kota Cimahi yang melakukan konvoi ikut memeriahkan momentum Hari Kemerdekaan RI ke-78, bersama Kapolres Kota Cimahi AKBP Aldi Subartono, SH, dan Dandim 0609/Cimahi Letkol Arm Boby, S.Ip.

 

Saat dikonfirmasi usai acara, Dikdik menjelaskan, bahwa pihak jajaran Pemerintahan Kota Cimahi dan Forkopimda telah usai melaksanakan upacara 17 Agustus 2023 sebagai momentum Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78.

 

“InsyaAllah yang kita laksanakan ini tentu bagi kami dengan jajaran forkopimda memiliki hikmah, harus dapat mengisi kemerdekaan dengan kemajuan Kota, dan kami dengan jajaran Forkopimda bersatu padu, bersinergi, bahwa Cimahi itu tetap berjalan dengan apa yang dicita-citakan sesuai dengan Kota yang lebih baik,” tegas Dikdik.

 

Ditambahkannya pula, harapannya untuk Dirgahayu RI ke-78 tahun.

 

“Semoga Indonesia bisa mewujudkan menjadi Indonesia Emas,” ucapnya.

 

Disamping itu, tak lupa ia mengingatkan kepada masyarakat Kota Cimahi, bahwa selayaknya olahraga estafet, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan, momentum Peringatan HUT Kemerdekaan RI ini adalah energi gerak untuk bangsa Indonesia agar pembangunan terus melaju untuk Indonesia maju.

 

Karena sejak kecil masyarakat Indonesia dididik memiliki kesadaran akan pentingnya menjadi makhluk sosial yang saling hidup berdampingan dan berinteraksi melibatkan individu yang lain.

 

Gotong royong adalah akar dari kebudayaan kita yang merupakan perwujudan harmoni kebersamaan yang telah menjadi perekat sosial paling efektif tanpa memandang ras, suku dan agama untuk mencapai tujuan yang luhur.

 

“Saat ini kita diajak untuk menghayati makna tema besar Peringatan Ulang Tahun NKRI, yakni: “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Melihat pencapaian Kota Cimahi selama 22 tahun berdirinya, kemajuan yang telah diraih adalah merupakan hasil “Kerja Bersama” seluruh elemen yang ada di Kota Cimahi ini.

 

“Saya mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan pencapaian yang telah diberikan oleh seluruh elemen masyarakat sehingga kemajuan ini dapat kita raih dan kita rasakan bersama,” tutur Dikdik.

 

Begitu pula disampaikan Kapolres Kota Cimahi AKBP Aldi Subartono mengenai Peringatan HUT RI ke-78 yang berdekatan dengan jelang Pemilu Tahun 2024.

300 lebih konvoi komunitas Vespa Kota Cimahi yang berwarna merah dan putih dilepas Pj. Walikota Cimahi

“Alhamdulillah di Polres Cimahi kemarin kita telah menggelar Deklarasi Damai untuk Pemilihan Umum 2024, kita seluruh Forkopimda dan Ketua Partai yang ada di Cimahi dan KBB serta Margaasih, artinya semua stakeholder kita ajak kerjasama untuk mengawal pemilu ini dengan aman dan kondusif,” papar Aldi.

 

Bahkan, ia menyarankan kepada setiap kontestan pemilu, bahwa siapapun yang menang, siapapun yang kalah, harus menerimanya.

 

“Beda pilihan tidak apa-apa, beda partai tidak apa-apa yang penting semuanya guyub, rukun, gotong-royong untuk Indonesia Maju,” tandasnya.

 

Menurut Aldi, kerawanan kejahatan di Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat sudah menurun drastis.

 

“Kondisi Kamtibmas wilayah Cimahi dalam semester I dari bulan Januari sampai dengan Bulan Juni 2023, angka Kamtibmas di Cimahi menurun hingga 51 persen,” ucapnya.

 

Artinya bahwa kolaborasi antara Polres, Kodim 0609, Pemkot Cimahi, Pemkab dan Stakeholder.

 

“Ini sangat menghasilkan yang luar biasa, kejahatan geng motor ini sangat jauh menurun, bila dibandingkan dengan tahun-tahun lalu, perbedaannya sangat-sangat jauh sekali,” kata Aldi.

 

Karena mitigasi yang dilakukan kolaborasi Forkopimda dan Pemkot serta Pemkab dan stakeholder.

 

“Kita melakukan razia knalpot Brong, razia miras, dan kita masuk ke sekolah-sekolah, kita ingin membangun generasi muda, generasi bangsa dan kontribusi kepada masyarakat lebih baik lagi,” tandas Aldi.

 

Oleh karena itu, Aldi mengharapkan Forkopimda Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat dapat membantu untuk lebih menciptakan Kamtibmas yang kondusif.

 

Begitu pula menurut Dandim 0609/Cimahi Letkol Arm Boby, S.Ip masalah kesiapan Paskibraka Kota Cimahi yang dididik dan dilatih oleh Kodim 0609 Kota Cimahi.

 

“Kesiapan Paskibraka dalam memperingati HUT RI ke-78 Tahun 2023 ini, memang pasukan kami ditunjuk dari Kodim 0609. Alhamdulillah berjalan lancar, aman dan tertib, sehingga kegiatan HUT tahun ini sangat luar biasa,” tegasnya.

 

Bahkan, ia merasa bangga terhadap anak buahnya dalam menjalankan tugasnya sebagai pasukan dalam memperingati HUT RI Ke 78 sangat luar biasa.

 

“Ini sangat luar biasa, semua pasukan bekerja sangat maksimal dalam kegiatan HUT RI Ke 78 ini,” pungkasnya.

 

(Sinta)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *