Masyarakat Lintas Etnis Membangun Sukacita Hidup Berbangsa dalam Ngabumi Pulomajeti

  • Whatsapp

 

BANJAR, media3.id – Setiap tahun, masyarakat adat Kampung Siluman, Pulo Majeti, Kelurahan Purwaharja Kota Banjar menggelar kegiatan Hajat Bumi atau dikenal pula dengan istilah “Ngabumi”.

Read More

 

Hajat Bumi juga mengajak semua orang untuk membangun kehidupan sosial yang baik lewat sikap saling menghormati dan saling membantu, khususnya untuk menjaga persatuan dan persaudaraan antar sesama manusia.

 

Nuansa persaudaraan yang sangat menyejukkan tampak dalam perayaan Hajat Bumi tahun ini. Hal itu ditunjukkan lewat kehadiran sekelompok warga etnis tionghoa yang tergabung dalam kelompok Masyarakat Tionghoa Peduli Kota Banjar.

 

Keterlibatan itu diwujudkan lewat pemberian santunan kepada sekitar seratus anak yatim yang hadir.

 

Suhindra, salah satu anggota Masyarakat Tionghoa Peduli Kota Banjar mengatakan, keterlibatan mereka dalam kegiatan Hajat Bumi Pulo Majeti ini merupakan wujud komitmen kebangsaan dan persaudaraan sesama anak bangsa Indonesia.

 

“Santunan yang kami berikan berupa peralatan sekolah tas, buku, alat tulis, makanan ringan yang biasa disukai oleh anak-anak, dan uang jajan untuk mereka,” katanya, Minggu (23/7/2023).

 

Deni Wahyu Jayadi, Pimpinan Sakola Motékar yang juga terlibat dalam penyusunan rangkaian acara Hajat Bumi ini turut mengapresiasi keterlibatan berbagai pihak dalam kegiatan ini.

 

“Semakin banyak yang terlibat, itu pertanda yang baik. Apalagi keterlibatan itu tidak lagi terkotak-kotak berdasarkan suku, agama, ras, etnis, golongan,” pungkasnya.

 

tm

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *