UMKM JABAR Juara Gelar Pelatihan Literasi Keuangan Menuju Go Digital, Go Society, Dan Go Global

  • Whatsapp

 

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Industri dan UMKM (Disdagkoperind) Kota Cimahi Dadan Darmawan mengapresiasi setinggi-tingginya UMKM Jabar Juara menggelar Literasi Keuangan yang berkolaborasi dengan Unjani

Read More

CIMAHI, MEDIA3.ID – UMKM Jabar Juara bekerjasama dengan Universitas Ahmad Yani (Unjani) menyelenggarakan pelatihan literasi keuangan menuju Go Digital, Go Society dan Go Global, dengan Nara sumber dari dosen-dosen Unjani terdiri dari, dr Dadan Kurnia, S.Ip, M.Si (Kapus LPPM Unjani), Ravia Rahman, S.Ip, M.M (Sales Manager), Eka Yulianti, SE, M.Si (Dosen Unjani), Rahardianto, SE, M.Si, Achmad Dirgantara, S.Ip, MT (Head Of IDX Incubator) didampingi pula oleh Dani Hamdani, SE. (Koordinator pendamping UMKM Juara). Di Gedung Technopark Jalan Baros Cimahi Selatan, Jum’at (16/6/2023).

 

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Perindustrian (Disdagkoperind) Dadan Darmawan dan 100 anggota UMKM Jabar Juara yang mengikuti pelatihan tersebut.

 

Menurut Dadan, saat dikonfirmasi usai acara, pihaknya sangat memberikan apresiasi terhadap UMKM Jabar Juara yang peduli dan menggandeng Unjani, terhadap para UMKM Se Kota Cimahi,

 

“Saya sangat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap UMKM Jabar Juara, peduli dan bekerjasama dengan Unjani untuk menggelar Pelatihan Literasi Keuangan para UMKM,” ucap Dadan.

Narasumber Eka Yulianti (dosen Unjani)

Karena kata Dadan kembali, bahwa literasi keuangan tersebut sangat dibutuhkan bagi semua pelaku UMKM,

 

“Literasi keuangan ini sangat diperlukan oleh pelaksana UMKM, dengan adanya kerjasama Jabar Juara dan Universitas Unjani,”.

 

Diakui pula oleh Dadan bahwa kegiatan literasi keuangan tersebut yang dilaksanakan oleh UMKM Jabar Juara dan Universitas Unjani, “Sangat sinegis dengan kegiatan kami juga, dimana ada kegiatan pembinaan perusahaan baru, nah kegiatannya dilanjutkan oleh UMKM Jabar Juara,” imbuhnya.

 

Karena menurut Dadan yang saat ini sangat krusial adalah, “Yang saya pikirkan paling krusial adalah keuangan-keuangan di UMKM saat ini,” terang Dadan kembali.

 

Karena selama ini, tambah Dadan, bahwa UMKM-UMKM di Cimahi belum memisahkan antara pos untuk konsumsi ataupun pos untuk produksi,

 

“Mudah-mudahan dengan diberikannya pencerahan dan arahan dari para nara sumber dari LPPM Unjani, ini bisa membuka wawasanereka, sehingga mereka bisa lebih paham, tentang pengelolaan keuangan di perusahaannya,” tandasnya.

 

Begitu pula saat dikonfirmasi, sebagai Narasumber (Narsum) dosen Universitas Unjani, Eka Yulianti, di sela-sela acara menjelaskan, bahwa tujuan dari literasi keuangan untuk para UMKM tersebut bertujuan,

 

“Kami dari tim dosen pengabdian masyarakat sebagai tugas dosen yang diberi nama Tridharma, yaitu Penelitian, Pengajaran Masyarakat dan Pengabdian kepada masyarakat,” terang Eka.

 

Diakui oleh Eka, bahwa dirinya saat ini sedang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat UMKM yang seharusnya sebanyak 160 UMKM,

 

“Seharusnya kami memberikan pencerahan kepada 160 UMKM Kota Cimahi, karena bentrok kegiatannya jadi yang hadir hanya 100 UMKM saja,” tukas Eka kembali.

UMKM Jabar Juara berkolaborasi dengan Unjani menggelar Literasi Keuangan untuk UMKM Kota Cimahi

Bahkan terkait masalah tema yang diajarkan oleh Eka adalah, “Karena Unjani telah berkolaborasi dengan Jabar Juara,

 

“Maka kami ambil tema-nya yaitu Go Digital, Go society, dan Go Global,” ujar Dia.

 

Jadi selanjutnya menurut Eka, dari tema Go Digital tersebut yang diangkatnya dari aspek pengelolaan keuangan dan pemasaran.

 

Jadi harapan Eka kedepannya dengan digelarnya literasi keuangan yang berbasis Go Digital, tersebut,

 

“Harapan saya dari Unjani kedepannya mempunyai program lanjutan, kita tidak hanyaemberikan pelatihan, tetapi kita juga dapat memberikan pendampingan dalam bentuk incubator,” harapnya.

 

(Sinta/Bagdja)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *