Sebentar lagi Puasa,ini dia tipsnya

  • Whatsapp

 

 

Read More

Bandung, media3.id – Sebentar lagi umat Muslim bakal menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Penting bagi orang yang menjalankan ibadah puasa, menjaga tubuhnya agar tetap segar dan bugar.

Direktur Utama Rumah Sakit Unggul Karsa Medika (RS UKM) dr. Theresia Monica Rahardjo mengatakan, dalam menjalankan ibadah puasa, diperlukan kondisi tubuh yang sehat. Asupan makanan pun harus proposional, minum yang cukup dan vitamin.

“Makanan apa yang harus kita konsumsi. Pertama, kalau orang Indonesia nasi, yang proposional, ada proteinnya bisa dari tempe atau tahu, bisa juga dari daging ayam atau sapi. Dan ingat, daging ayam dan sapi sebaiknya dimasak matang, supaya tidak menularkan penyakit yang ada did aging,”ucap dokmo sapaan akrabnya,Rabu, (8/3/2023).

Ia juga menambahkan, asupan serat dari sayuran dan buah-buahan juga sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap bugar saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu juga disarankan makan makanan yang banyak mengandung anti oksidan, misalnya tomat, jeruk, kiwi dan anggur sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

“Pengaturan jam tidur atau jam istirahat. Dalam berpuasa itu biasanya ritmenya agak terganggu. Sehingga ingat, untuk jam tidur dicukupi selema 6 jam, jangan sedikit karena bisa mengurangi daya tahan tubuh,”jelasnya.

“Kemudian suplemen vitamin, vitamin E, D itu adalah vitamin-vitamin yang diperlukan untuk mempertahankan kekebalan tubuh kita. Tapi ingat, bagi orang-orang yang sensitive saluran pencernaannya, minumlah suplemen vitamin setelah makan, cukup sehari satu,”pungkas dokmo.

(Aby)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *