Miris, Banyak Akta Cerai Palsu di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap 

  • Whatsapp

KUA Dayeuhluhur Berharap Forkopimcam Membantu Ditindak

 

Read More

Cilacap, Media3.id – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Dayeuhluhur merasa resah dengan beredarnya akta cerai palsu.

 

Kepala KUA Dayeuhluhur melalui Penyuluh KUA Dayeuhluhur, Samsiah S.Ag mengatakan pihaknya sudah melaksanakan sosialisasi arahan terkait dokumen palsu nikah terutama di 14 desa dan instansi pemerintah yang ada di Kecamatan Dayeuhluhur.

 

“Kami khususnya di 14 desa dan instansi sudah memberikan sosialisasi dan pencerahan terkait hal ini tetapi memang sering ada oknum yang menikahkan siri, sehingga disaat akan bercerai menggunakan akta cerai yang palsu,” ujarnya pada Rabu, (29/03/2023).

 

Lebih lanjut kata dia, pernikahan siri memang banyak terjadi di wilayah kerjanya sehingga pendataan pernikahannya pun tidak tercatat. Hal tersebut menyalahi aturan yang ada di Undang-Undang perkawinan.

 

“Kami berharap Forkopimcam Dayeuhluhur untuk segera menindaklanjuti masalah ini dan kami membutuhkan kerja sama dukungan dari semua pihak khususnya Kepala Desa supaya hal ini bisa kita atasi,” tuturnya.

 

Dia menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan secara tertulis ke pihak desa.

 

“Silahkan laporkan tertulis ke desa untuk di data, jangan sampai tidak karena banyak kejadian yang merugikan jika tidak dilaporkan terutama untuk kaum wanita,” ucapnya.

 

( Iman )

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *