Pemkot Cimahi Gelar Kick Off Meeting Penyusunan RKPD Tahun 2024

  • Whatsapp

 

Pj. Walikota Cimahi Dikdik di gelaran kegiatan Kick off Meeting Penyusunan RKPD Tahun 2024, di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Selasa (13/12).

Read More

CIMAHI, Media3.id – Dalam rangka penyusunan prioritas pembangunan di Tahun 2024, Pemerintah Kota Cimahi melaksanakan Kick off Meeting Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024, di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Selasa (13/12/2022).

 

Penetapan RKPD 2024 akan dilaksanakan pada bulan Juni 2023 mendatang, dimulai dengan Kick off Meeting untuk penyamaan persepsi di antara pemangku kepentingan mengenai penyusunan RKPD Tahun 2024, penyampaian tema dan prioritas pembangunan Tahun 2024, penyampaian jadwal perencanaan RKPD Tahun 2024, serta untuk brainstorming pemangku kepentingan berkenaan perencanaan Tahun 2024.

 

Tema RKPD Tahun 2024, yakni “Pemantapan stabilitas perekonomian dan peningkatan daya saing sumber daya manusia”.

 

Penjabat (Pj) Walikota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan, S.Si, MM, meminta para pemangku kepentingan untuk menitikberatkan pada peningkatan kesejahteraan rakyat,

 

“Hal ini hanya dapat dicapai melalui tahap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang spesifik, terukur, dan tepat waktu. Mulai dari tahapan dan jadwal untuk perencanaan dan penganggaran hingga penyusunan master plan untuk meminimalisir hambatan dan resiko yang akan terjadi dalam sebuah pembangunan,” ujar Dikdik.

 

Perencanaan harus dilakukan, kata Dikdik, sebagai sebuah tahap penting dalam proses pembangunan. Sehingga tahapan Kick off Meeting Perencanaan RKPD 2022 hari ini adalah langkah awal untuk dimulainya penyusunan RKPD Tahun 2024 dan sebagai pedoman untuk penyusunan rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi Tahun Anggaran 2024.

 

“RKPD Tahun 2024 merupakan tahun kedua dalam tahapan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Cimahi Tahun 2023-2026 dengan arah kebijakan ‘Pemantapan Stabilitas Perekonomian dan Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia’,” ungkapnya.

 

Dikdik menyadari masih banyak tantangan yang akan dihadapi Pemerintah Kota Cimahi dalam melaksanakan pembangunan. Oleh karenanya, arah kebijakan ini diangkat agar Pemerintah Kota dapat menjawab permasalahan pokok yang teridentifikasi dalam RPD Kota Cimahi Tahun 2023-2026, diantaranya isu terkait dengan pemulihan pasca pandemi Covid-19.

 

Dikdik pun mengingatkan dalam penyusunan perencanaan daerah ini harus memperhatikan isu–isu strategis seperti kemiskinan, daya dukung lingkungan hidup, reformasi birokrasi, penerapan e-government dan mewujudkan good governance.

Perencanaan juga harus berpihak kepada pembangunan yang bersifat kewilayahan agar dapat secara langsung dirasakan oleh masyarakat dan agar pembangunan bisa tepat sasaran,

 

“Harus ada perencanaan yang berisi mengenai peningkatan kualitas SDM, peningkatan kualitas aparatur pemerintah daerah, pengelolaan anggaran yang baik dan pembangunan infrastruktur, serta peningkatan layanan publik,” tukas Dikdik.

 

Ia menegaskan perlu adanya inovasi dalam perencanaan kota yang diharapkan dapat mendorong loncatan capaian kinerja pembangunan baik pada sektor ekonomi, sosial, budaya dan pemerintahan serta infrastruktur kewilayahan yang dapat memunculkan identitas Kota Cimahi sebagai Kota yang kreatif dan inovatif dalam berbagai bidang.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pemangku kepentingan yang terdiri dari Para Asisten, Para Staf Ahli, serta Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

(Sinta)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *