Ketua DPRD Kota Cimahi : Pelaku UMKM Kota Cimahi Wajib Memiliki Sertifikat Halal

  • Whatsapp

Ketua DPRD Kota Cimahi Ir. Achmad Zulkarnain, MT saat menyampaikan sambutan di acara pelatihan pendampingan UMKM sertifikasi halal perijinan di Gedung Techno Park (20/8/2022)

CIMAHI, Media3.id – Sertifikasi halal merupakan bentuk kepastian hukum dan perlindungan pemerintah kepada konsumen muslim.

Read More

Masyarakat muslim di Kota Cimahi menjadikan aspek halal sebagai prioritas, hal itu disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Cimahi Ir. Achmad Zulkarnain, MT dalam sambutannya, pada acara pelatihan Pendampingan UMKM dalam Sertifikasi Halal Perijinan yang digelar oleh Kadin Kota Cimahi di Gedung Cimahi Techno Park Jl. Baros Utama No.78, Leuwigajah, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Sabtu (20/8/2022).

“Selain itu, Sertifikat Halal mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat yang berpengaruh positif terhadap penjualan,” ucap Zul.

Kembali dikatakan Zul, dalam pemasaran produk, pelaku UMKM wajib memiliki sertifikat halal.

Untuk itu, Zul berpesan kepada para pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan ini, “Semoga semakin meningkatkan pengetahuan prinsip halal suatu produk, semakin paham bahwa standar halal suatu produk itu penting untuk meningkatkan jangkauan pasar, dan semoga menjadi termotivasi untuk melakukan proses sertifikasi halal produk maupun usahanya,” harapnya.

Ketua Kadin Kota Cimahi Asep Maryadi mengatakan bahwa kegiatan ini untuk pembuatan sertifikasi produksi pangan industri rumah tangga kemudian sertifikat halal.

Tujuan kegiatan ini, yakni “Membuat UMKM itu naik kelas, mengembangkan pasar UMKM produk mereka, sehingga daya beli lebih banyak dan cakupan pemasarannya lebih luas,” ujarnya.

“Memiliki NIB, SPP-IRT, dan Halal, itu salah satu persyaratan dimana produk UMKM bisa masuk ke toko toko, swalayan swalayan kecil maupun swalayan besar, dan sejauh ini, pelaku UMKM sudah banyak yang masuk ke toko toko besar,” ulas Asep.

Menurut Asep, kegiatan ini adalah sesi kedua untuk SPP-PIRT, tinggal sesi ketiganya, karena menuju proses Halal tidak gampang yang berarti Sulit,

“tetapi dengan mengikuti pelatihan ini, Insyaallah akan dapat,” tuturnya.

Terkait kerjasama dengan FK Unjani, Asep mengungkapkan, bahwa pihaknya telah lama bekerjasama dengan Unjani,

“MOU pun sudah dibuat secara langsung dengan Kadin Jawa Barat, sedang PKS nya antara FK Unjani dan Kadin Kota Cimahi,” ungkapnya.

Berkaitan dengan sertifikasi halal ini, “tentang bagaimana kesehatan dari produk makanannya dan bagaimana pengolahannya, kita serahkan ke FK Unjani,” tutup Asep.

(Sinta)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *