Kadin Kota Cimahi Adakan Kegiatan Program UMKM Dengan Fasilitas S-PIRT Melalui OSS RBA

  • Whatsapp

Kadin Kota Cimahi Gelar Fasilitasi S-PIRT berbasis OSS-RBA

CIMAHI, Media3.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cimahi yang diketuai oleh Asep Maryadi mengadakan kegiatan yang ke sebelas kalinya untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan memfasilitasi Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (S-PIRT) melalui OSS RBA atau Online Single Submission-Risk Based Approach (Perizinan Daring Terpadu dengan Pendekatan Perizinan Berbasis Risiko) di Gedung Cimahi Techno Park Jl. Baros Utama No.78, Leuwigajah, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi (Sabtu, 02/07/2022), dengan dihadiri oleh 100 orang pelaku UMKM Kota Cimahi.

Read More

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi Dadan Darmawan, WKU Bidang Usaha dan Parekraf Kadin Kota Cimahi Dani Hamdani, WKU Bidang Hubungan Antar Lembaga Kadin Kota Cimahi H. Sidiq Kamiran, Ir. Maktal yang juga sebagai senioritas kepengurusan Kadin Jawa Barat, Akademisi Unjani, Tim Pegadaian Kota Cimahi, dan pelaku pelaku UMKM Kota Cimahi lainnya.

Kepala Disdagkoperin Dadan Darmawan sangat menyambut baik dengan kegiatan yang diadakan Kadin Kota Cimahi ini karna untuk membantu para pelaku UMKM dengan fasilitas S-PIRT itu.

“Untuk legalitas pelaku UMKM memang banyak kemudahan melalui online namun tetap harus diperhatikan dan diinformasikan, walaupun mereka sudah daftar secara online tetapi mereka harus dapat bimbingan dari dinas yang menangani hal tersebut. Dan ini merupakan kolaborasi yang bagus diantara kami karna merupakan tanggung jawab bersama”, tuturnya.

Kerjasama yang dilakukan Disdagkoperin dengan Kadin ini bertujuan untuk saling support baik SDM maupun hal lainnya bagi masyarakat khususnya untuk para pelaku UMKM.

“UMKM Juara ini program yg dilakukan oleh Gubernur, ada 5 orang 1 koordinator pendamping UMKM Juara. Mereka ini fasilitator yang bisa dimanfaatkan untuk pelaku UMKM lainnya sebagai tempat konsultasi atau sebagai media penyambung Disdagkoperin terkait UMKM ini” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, WKU Bidang Usaha dan Parekraf Kadin Kota Cimahi Dani Hamdani menjelaskan “Batch ke sebelas rangkaian pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), setelah kemarin 10 batch, selain mendapat perizinan berusaha bagi pelaku UMKM, kita memberikan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha atau disingkat dengan PBUMKU. PBUMKU sangat dibutuhkan untuk masuk pasar modern, dan diminta 2 kelengkapan surat izin yaitu S-PIRT dimana sangat dibutuhkan supaya produk mereka masuk semua dan yang kedua Sertifikat Halal. Untuk sertifikat halal pun sudah kami laksanakan bulan kemarin dan sekarang fasilitas S-PIRT nya”, ulasnya.

Tujuan Kadin Kota Cimahi mengadakan kegiatan ini yaitu untuk membina UMKM di Cimahi dengan memberikan kemudahan kemudahan. Bahkan setiap even yang diadakan tersebut free atau Gratis.

“Semua bekerja benar benar untuk menolong dan membantu pelaku UMKM supaya UMKM dan pengusaha pengusaha Kota Cimahi kita ini berkembang” tambah Dani.

(Sinta)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *