Pasukan TNI Siaga, Pesawat Rimbun Air Jatuh di Kawasan Teroris OPM Papua

  • Whatsapp

Papua, Media3.id – Pesawat Maskapai Rimbun Air ang hilang kontak sejak pukul 07.30 WIT, Rabu 15 September 2021 yang dikabarkan hilang, ternyata jatuh dan terbakar di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Hal ini ditegaskan Wakil Komandan Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan Batalyon Infanteri Mekanis 521/Dadaha Yodha (Yonif Mekanis 512/DY), Mayor Inf Edi Dipramono.

Pesawat kargo seri twin otter 300 dengan nomor penerbangan PK-OTW ternyata jatuh dan terbakar di di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya yang menjadi sarang Kelompok Separatis Teroris (KST) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Titik lokasinya hanya berjarak 3,4 kilometer dari bandara dan pos (Satgas Pamrahwan) Yonif 501 Bilogai hanya berjarak 2,2 kilometer,” katanya.

Anggota TNI sudah langsung bergerak ke lokasi jatuhnya pesawat Rimbun Air yang juga menjadi wilayah Kelompok Separatis Teroris (KST) OPM pimpinan Zakius.

Sebelumnya, jubir Kementerian Perhubungan Adita Irawati menceritakan kronologis hilangnya pesawat naas itu. Pada pukul 06.40 WIT, pesawat take-off dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Intan Jaya dengan membawa kargo berisi bahan bangunan. Pukul 07.30 WIT,A irnav Sugapa melakukan komunikasi terakhir dengan Pilot sebelum hilang kontak.

“Telah terjadi Hilang Kontak Pesawat Rimbun Air PK-OTW di Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangannya.

“Hingga saat ini tidak ada komunikasi dengan Pesawat Rimbun Air PK-OTW,” paparnya.

Dikatakannya, Kantor Otoritas Bandara Wilayah X Merauke melakukan koordinasi bersama Tim Aparat Keamanan dan BASARNAS dalam melakukan pencarian terkait hilangnya kontak pesawat tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *