Cimahi Culinary Festival ke-2 Diwarnai Puluhan Tenant Kuliner dan Suguhan Musik

  • Whatsapp

Sekda Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan (Batik Merah) didampingi Kadisbudparpora Kota Cimahi Achmad Nuryana (Kemeja Abu) saat podcast di acara Cimahi Culinary Festival

CIMAHI, Media3.id – Sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangkan kuliner Cimahi serta mengajak seluruh masyarakat untuk mengenali, merayakan, serta melestarikan kelezatan kuliner khas Cimahi.

Read More

 

Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Cimahi menggelar “Cimahi Culinary Festival”, di Selasar Gedung B Kantor Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Jum’at (8/12/2023).

 

Acara yang terbuka untuk umum termasuk pelajar ini digelar hingga malam hari dengan dimeriahkan puluhan Industri Kecil Menengah (IKM) di bidang kuliner Cimahi sebagai Culinary Festival 2023.

 

Kepala Disbudparpora Kota Cimahi Achmad Nuryana menyampaikan Cimahi Culinary Festival ini merupakan salah satu program pengembangan ekonomi kreatif di Kota Cimahi.

 

“Juga sebagai stimulant, khususnya bagi pelaku ekonomi kreatif kuliner dan seni pertunjukan sesuai dengan keunggulan potensi yang dimiliki Kota Cimahi,” ungkapnya.

 

Sementara, Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mengatakan bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki peran utama dalam perekonomian dan kepentingan sosial, pentingnya pariwisata dan ekonomi kreatif membuat banyak wilayah menggalakan sektor ini untuk menggerakkan industri-industri kecil sebagaimana dampak multiflyer effect dari pariwisata itu sendiri.

 

“Melalui kegiatan ini akan terbentuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang mampu meningkatkan kegiatan perekonomian di Kota Cimahi,” tutur Dikdik.

 

Menurutnya, kuliner lokal adalah komponen fundamental dari atribut sebuah destinasi, menambah berbagai atraksi dan keseluruhan pengalaman wisata bahwa kuliner lokal merupakan cara terbaik untuk melihat warisan budaya tak benda dalam sebuah destinasi.

 

Selain itu, wisata kuliner mendukung produsen dan masyarakat lokal untuk memberikan hasil budidaya lokal untuk menghasilkan makanan berkualitas untuk wisatawan. Ini menunjukkan bahwa pengembangan wisata kuliner di sebuah destinasi wisata dapat menghasilkan manfaat bagi masyarakat lokal dan wisatawan yang berkunjung ke destinasi tersebut.

 

Ia berharap melalui “Culinary Festival” dapat mewujudkan peran serta aktif masyarakat untuk mendukung suksesnya program pengembangan ekonomi kreatif di Kota Cimahi.

“Melalui kegiatan ini kita berharap UMKM di Kota Cimahi khususnya yang bergerak di bidang kuliner akan tumbuh dan berkembang. Namun harus diingat bahwa ini hanya salah satu cara, harus dibuat kreatifitas atau event-event lain yang dapat memfasilitasi UMKM untuk dapat turut hadir di sana sehingga bisa memasarkan produk-produknya. Hal itu penting untuk menjaga keberlangsungan UMKM,” papar Dikdik.

 

Potensi Cimahi sebagai kota penyangga di Bandung Raya dapat dimanfaatkan untuk pengembangan wisata dan industri kreatif, sehingga ke depannya Pemkot Cimahi berencana untuk menyelenggarakan berbagai event untuk mendorong UMKM Kota Cimahi.

 

“Harapannya dengan diselenggarakannya event-event seperti ini akan ada pihak-pihak yang tertarik untuk berinvestasi di Kota Cimahi sehingga Cimahi akan lebih semarak dan UMKM serta industri kreatif di Cimahi akan semakin maju,” tandasnya.

 

Selain menikmati kuliner khas Cimahi, pengunjung juga dapat menikmati sejumlah acara menarik mulai dari suguhan musik orkes, akustic, jazz, dan blues. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Cimahi Bergerak Senam Bersama, masak besar dan santunan.

 

Stakeholder yang terlibat dalam Culinary Festival diantaranya POLTEKPAR NHI Bandung, PHRI Cimahi, HPI Cimahi, DKKC, Moka Cimahi, Mix Radio Cimahi, ketik.com, dan Bank BJB Cimahi.

 

(Sinta)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *