DBMSDA melalui UPTD Wilayah 6 SDA Lakukan Pengerukan Pendangkalan Sedimentasi Kali Kramat Pakuhaji

  • Whatsapp

Warga saat sedang membongkar jembatan bambu

Kabupaten Tangerang (Banten), media3.id. –Pengerukan sedimentasi lumpur terus dilakukan oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) kabupaten Tangerang melalui UPTD SDA wilayah 6 diberbagai titik dn lokasi yang berbeda diwilayah kecamatan Kosambi, Teluknaga dan Pakuhaji dalam kurun waktu awal hingga memasuki triwulan ke empat Tahun 2023 ini. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi saat musim hujan dan dapat menampung air takala musim kemarau.

Read More

 

Pada triwulan ke empat ini UPTD SDA wilayah 6 melakukan pengerukan sedimentasi kali pembung keramat yng berada di Desa Keramat, kecamatan Pakuhaji, kabupaten Tangerang. Kali pembuang keramat yang memliki lebar 8 meter kondisinya sungguh memprihatinkan karena terjadi sedimentasi dan pendangkalan pada badan sungai.

 

Menurut kepala UPTD SDA wilayah 6 H.Suhanda yang didampingi kordinator dilapangan Heryana Saputra mengatakan, pengerukan sedimentasi tersebut guna menormalisasi alirn sungai serta upaya mengurangi potensi banjir karena pendangkalan.

“Normal kali pembuangan keramat ini dilakukan karena sudah terjadi sedimentasi pendangkalan pada badan sungai sehingga tatkala musim hujan meluap. Dan ketika musim kemarau kali tidak bisa menampung air,” jelas H suhanda.

 

Lanjut H.Suhanda kegiatan normalisasi sedimentasi dimulai pada hari Rabu (18 /10/2023) lalu dengan menggunakan alat berat jenis Amphibi PC 70.

 

“Kegiatan normalisasi ini akan dilakukan selama 10 hari dengan hitungan kubikasi 1.000 kubik, mudah- mudahan saja tidak ada kendala dilapangan,” harapnya.

 

Untuk tanah disposal dibuang sepanjang bantaran kali untuk membuat tanggul atau diratakan dengan tanah agar jalan akses sepanjang pinggiran kali keramat agar lebih lebar dan bisa dilalui kendaraan roda tiga, jelasnya.

 

Dilain kesempatan Ayub Tokoh pemuda keramat sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan normalisasi sedimentasi dikali keramat yang berlokasi di Kp.Alar Desa Keramat’oleh UPTD SDA wilayah 6.

” Saya sangat mengapresiasi kegiatan dari UPTD SDA wilayah 6 yng saat ini tengah melakukan kegiatan pengerukan normalisasi sedimentasi dikali keramat yang memang sudah terjadi pendangkalan Hingga meluap tatkala musim hujan dan tidak dapat menampung air dikala musim kemarau,” ungkap Ayub.

 

Dengan di keruknya sedimentasi kali keramat sehingga mampu menampung air di musim kemarau saat ini, sehingga airnya bisa disalurkan ke sawah dan Empang milik warga disini,” tutup Ayub.

 

(Din)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *