Polda Jawa Barat Melakukan Penilaian Kampung Bebas Narkoba di Desa Ciater

  • Whatsapp

Subang, Media3.id – Polda Jawa Barat melakukan penilaian terhadap Kampung Bebas Narkoba yang diinisiasi Satuan Reserse Narkoba Polres Subang di Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Kamis (07/09/2023).

 

Read More

Kampung Bebas Narkoba merupakan kerja sama Satuan Reserse Narkoba Polres Subang, Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, Pemerintah Kecamatan Ciater, Pemerintah Desa Ciater dan masyarakat.

 

Ketua Kampung Bebas Narkoba (KBN) Desa Ciater sekaligus Kepala Desa Ciater Iwan Setiawan mengatakan masyarakat antusias Desa Ciater jadi Kampung Bebas Narkoba karena Desa Ciater adalah kawasan wisata.

 

“Masyarakat sangat antusias karena Desa Ciater merupakan kawasan wisata yang banyak warga dari luar daerah yang datang ke sini sehingga perlu adanya pencegahan terhadap peredaran narkoba,” ucapnya.

 

Maka dari itu, kata Iwan, Kampung Bebas Narkoba di Desa Ciater tidak hanya karena adanya penilaian, tapi Desa Ciater harus benar – benar bersih dari narkoba untuk melindungi generasi muda di wilayahnya.

 

Sementara itu, Kasat Reserse Narkoba Polres Subang AKP Heri Nurcahyo mengatakan dipilihnya Desa Ciater sebagai Kampung Bebas Narkoba karena berbagai pertimbangan.

 

“Pertimbangannya Desa Ciater adalah pintu gerbang masuk Subang dari arah Bandung dan desa wisata yang banyak keluar masuk orang tidak hanya dari regional, nasional tapi juga internasional, sehingga perlu diwaspadai peredaran narkoba,” ucapnya.

 

Makanya, tambahnya, sebagai langkah waspada dibentuk Kampung Bebas Narkoba di Desa Ciater agar masyarakat paham bahaya narkoba, sehingga mereka bisa membentengi diri sendiri dari narkoba.

 

Selain itu, tambahnya, Desa Ciater juga minim kasus narkoba. “Ciater ini minim kasus narkoba, sehingga kita pertahankan agar minim kasus narkoba, bahkan dihilangkan,” pungkasnya.

 

Kabag Binopsnal Ditresnarkoba Polda Jawa Barat AKBP Herryanto mengatakan Kampung Bebas Narkoba merupakan salah satu bagian dari program prioritas Kapolri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

 

Di mana, kata dia, setiap polres terdapat satu kampung narkoba, sehingga untuk di wilayah hukum Polda Jawa Barat terdapat 23 Kampung Bebas Narkoba. Kampung Bebas Narkoba tersebut diperlombakan.

 

Dari 23 Kampung Bebas Narkoba, lanjutnya akan dipilih satu untuk menjadi perwakilan dari Polda Jawa Barat. Kampung Bebas Narkoba tersebut selanjutnya akan diperlombakan di tingkat Mabes Polri.

 

“Kampung Bebas Narkoba tidak hanya untuk perlombaan, tapi harus benar-benar terasa keberadaannya dalam menurunkan kasus narkoba di lokasi berdirinya Kampung Bebas Narkoba,” ujarnya.

 

(MW)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *