UPTD Wilayah 6 SDA Kabupaten Tangerang Normalisasi Saluran Pembuangan Salembaran Hingga kali Cabang Sungai Tahang sepanjang 1 km

  • Whatsapp

Kabupaten Tangerang (Banten), Media3.id – Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Wilayah 6 SDA Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air (DBMSDA) kabupaten Tangerang lakukan normalisasi saluran pembuang Salembaran hingga kali cabang sungai tahang, sepanjang 1 km.

 

Kegiatan normalisasi saluran pembuangan salembaran dimulai sejak hari Jumat ( 28 Juli 2023) lalu, normalisasi saluran pembuangan Salembaran ini dilakukan karena kondisi saluran pembuang yang memiliki lebar badan sungai 6 meter hingga 8 meter ini mengalami Pendangkalan (sedimentasi) yang cukup tebal serta banyaknya gulma eceng gondok yang tumbuh diatas saluran pembuang ini.

 

Menurut kepala UPTD wilayah 6 SDA H.suhanda mengatakan , ” Normalisasi saluran pembuangan salembaran akan dilakukan hingga kali cabang sungai Tahang, sepanjang 1 km. Pengerukan sedimentasi karena saluran pembuang salembaran i hingga kali cabang sungai Tahang yang kondisinya sudah mengalami sedimentasi pendangkalan lumpur yang cukup tebal hingga banyaknya eceng gondok diatas saluran pembuangan, sehingga mengganggu dan menghambat kelancaran arus air menuju muara,’ jelas kepala UPTD wilayah 6 SDA.

” Kegiatan normalisasi sepanjang 1 km ini, kami menggunakan Amphibi exsvator PC 45, dan diperkirakan akan selesai dalam kurun waktu 15 hari,” tegas H.Suhanda.

 

Tambah H.Suhanda, ” Normalisasi saluran pembuang salembaran ini merupakan lanjutan, kegiatan normalisasi saluran pembuang salembaran yang ada di Cilampe kelurahan salembaran Jaya kecamatan Kosambi yang telah kita lakukan pada awal tahun 2023 lalu. Pengerukan lumpur ini dilakukan agar saluran pembuangan Salembaran lancar dan tidak lagi meluap kepemukiman warga,” tutupnya.

 

(Diana)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *