Milad ke-IV Pesantren Gratis Darul Hamid Diwarnai Berbagai Kegiatan Sosial

  • Whatsapp

 

Pj. Walikota Cimahi H. Dikdik Suratno Nugrahawan (Tengah Batik) bersama Pimpinan Ponpes Gratis Darul Hamid KH. Fahmi Fauzi (Tengah Putih)

Read More

CIMAHI, Media3.id – Pondok Pesantren Gratis Darul Hamid yang beralamat di Jalan Boeing II No. 2 RT. 07 RW. 28 Komplek Melong Green Garden (MGG) Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan, pimpinan KH. Fahmi Fauzi, SH, menggelar beberapa kegiatan sosial berupa Khitanan Massal, Santunan Yatim, Wisuda Tahfidz dan ditutup dengan malam acara puncak Tabligh Akbar, Sabtu (12/8/2023).

 

Kegiatan sosial tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pesantren Gratis Darul Hamid yang ke-4 sekaligus peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

Kegiatan tersebut dihadiri Pj. Walikota Cimahi H. Dikdik Suratno Nugrahawan, Kapolsek Cimahi Selatan AKP Yudhi Hariyanto, Danramil 0908/Cimahi Tengah Mayor Arm Momon Sudirman yang mewakili Dandim 0609 Letkol Arm Boby, S.Ip yang berhalangan hadir, Lurah Melong Dian Rohimat.

 

Kegiatan sosial berupa Khitanan Massal sebanyak kurang lebih 40 orang anak, Santunan Yatim sebanyak 109 orang, dan Wisuda Tahfidz sebanyak 23 orang yang diberikan kepada Hafidz/Hafidzah, serta Pembagian Ijazah SD/SMP/SMA kepada 15 orang terlaksana dengan baik dan lancar.

 

Pj. Walikota Cimahi H. Dikdik Suratno Nugrahawan sangat mengapresiasi acara yang digelar Pesantren Gratis Darul Hamid yang peduli terhadap anak yatim.

 

“Dalam memperingati hari lahir Pesantren Gratis Darul Hamid yang ke 4 tahun ini, Alhamdulillah sebagaimana pesantren ini telah memberikan manfaat bagi anak yatim dan santunan terhadap anak yatim,” ucap Dikdik.

 

Disamping itu, dalam rangkaian acara Milad Pesantren Gratis Darul Hamid juga terdapat Khitanan Massal, Wisuda Tahfidz Qur’an dan juga pemberian Ijazah formal SD/SMP/SMA,

 

“Ini adalah hal baik yang patut dicontoh oleh semua warga Kota Cimahi,” imbuhnya.

Kegiatan Sosial Khitanan Massal, Santunan Yatim dan Wisuda Tahfidz

Ia menilai kegiatan sosial yang dilaksanakan Pesantren Gratis Darul Hamid yang dipimpin KH. Fahmi Fauzi ini sudah sejalan dengan Pemerintahan Kota Cimahi dalam membangun Kota Cimahi,

 

“Ini sudah sejalan dengan Pemerintahan Kota Cimahi dengan apa yang sudah disampaikan oleh Pemerintah Kota Cimahi melalui semangat Cimahi Ngahiji, mudah-mudahan hal ini semakin mendekatkan kekompakan dan sinergitas ke semua pihak,” tutur Dikdik.

 

Ia mengharapkan, acara yang di gelar Pesantren Gratis Darul Hamid ini menjadikan sebuah indikator.

 

“Bagaimana kita semua memahami ‘Silih Asih Silih Asah Silih Asuh’ dan semua bisa bersatu menjadi Cimahi Ngahiji,” tandasnya.

 

Begitu pula diungkapkan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Gratis Darul Hamid, KH. Fahmi Fauzi, SH, bahwa acara ini digelar dalam rangka memperingati hari lahirnya Pesantren Gratis Darul Hamid yang ke empat tahun.

 

“Dan kami menggelar kegiatan sosial yaitu Khitanan Massal kepada kurang lebih 40 orang anak, Santunan kepada 109 anak Yatim, Wisuda Tahfidz kepada 23 Hafidz/Hafidzah, serta pemberian Ijazah SD/SMP/SMA untuk 15 orang,” terang Fahmi.

 

Diakuinya, siswa siswi Pesantren Gratis Darul Hamid ini masih sedikit, hanya sekitar 65 siswa/i.

 

Saat disinggung mengenai dana untuk acara tersebut, ia mengatakan bahwa banyak donatur yang telah menyisihkan hartanya untuk keberlangsungan acara sosial tersebut.

 

“Alhamdulillah, dananya dari para donatur yang baik hatinya yang tergerak ingin menyumbangkan untuk membantu kelancaran acara ini, bahkan mereka berbondong-bondong datang ke pesantren ini, untuk menyalurkan hartanya di jalan Alloh,” tandasnya.

 

Sementara, Kapolsek Cimahi Selatan AKP Yudhi Hariyanto, mengatakan bahwa acara ini merupakan hal yang sangat bagus.

 

“Karena pihak kepolisian juga merekrut keanggotaan polisi yang lulus Tahfidz Qur’an 30 Juz dan ini menjadi nilai plus untuk diterima menjadi anggota polisi, selain harus sehat jasmani dan rohani,” terang Yudhi.

Dijelaskannya kembali, selain syarat sehat dan tinggi badan yang cukup, jika memiliki kelebihan Tahfidz Qur’an 30 Juz itu menjadi nilai plus bagi yang ingin diterima menjadi anggota polisi,

 

“Untuk itu, saya sarankan kepada Pak Ustadz Fahmi, agar dapat mempersiapkan anak-anaknya untuk menjadi Tahfidz Qur’an 30 Juz bila ingin diterima di keanggotaan kepolisian,” ungkapnya.

 

Sedangkan, Danramil 0908/Cimahi Tengah Mayor Arm Momon Sudirman yang hadir mewakili Dandim, mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Pesantren Gratis Darul Hamid,

 

“Semoga kedepannya semakin jaya dalam membina anak-anak yatim ini menjadi anak yang Sholeh dan Sholehah,” ucap Momon.

 

Ia berharap, kedepan Pesantren Gratis Darul Hamid ini dapat bekerjasama dengan UMKM-UMKM Kota Cimahi dalam pendidikan jahit menjahit, tata boga dan usaha-usaha lainnya.

 

(Sinta)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *