4 Program Agenda Pokok Bahasan Dalam Raker PWI Kabupaten Bandung Barat 2023

  • Whatsapp

 

Bupati KBB Hengky Kurniawan, hadiri Raker PWI KBB 2023

Read More

KABUPATEN BANDUNG BARAT, Media3.id – 4 Program agenda utama yang menjadi pokok bahasan dalam Raker PWI Kabupaten Bandung Barat yang pertama kepengurusan PWI periode 2020-2023, digelar di gedung Darma wanita/TP PKK, Pemda Bandung Barat, bertemakan” Kebersamaan Mewujudkan Pers yang profesional, Sabtu (18/03/2023)

Ke empat Program agenda utama itu menitik beratkan pada empat Program yaitu

1. Bidang Pendidikan PWI KBB, 2. Bidang Kesejahteraan PWI KBB,
3. Bidang Advokasi PWI KBB,
4. Bidang Olahraga PWI KBB, juga pendataan anggota, pelatihan jurnalistik hingga kerjasama dengan stakeholder terkait di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Seperti yang diterangkan oleh Ketua PWI Kabupaten Bandung Barat, Agus Sudrajat, menurut dia, termasuk untuk menyikapi Pemilu 2024 mendatang.

Karena kata Agus, dengan banyaknya usulan dari rekan-rekan wartawan dalam Raker yang diadakan, baik dari unsur koordinator daerah (korda) anggota hingga kesekretariatan,

“Usulan yang dimunculkan akan ditampung untuk kemajuan organisasi wartawan terbesar di tanah air ini, banyak usulannya, termasuk dari Seksi Wartawan Olahraga, Seksi KESEJAHTERAAN, Seksi ADVOKASI dan Seksi Pendidikan yang mengusulkan terkait untuk kedepannya,” ucap Agus.

Begitu pula menurut Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, menjelaskan, terkait Raker PWI Kabupaten Bandung Barat,

“Harus bisa memberikan Program-program yang positif dan juga kerjasama dengan pemerintah daerah dengan teman-teman media, supaya makin baik berkomunikasi kedepannya, waktu itu sudah direncanakan Raker Jumat kemaren dari Porkompim sudah di agendakan, tetapi batal karena tidak keburu sebab bersamaan acaranya dengan kegiatan BPK penyerahan RKPD,” Jelas Hengky.

Foto bersama Bupati KBB Hengky Kurniawan

Begitu pula yang diterangkan oleh Pejabat Asisten Bidang Administrasi Umum, Avira Nur Fashihah,

“Saya menanggapi selaku pemerintah daerah menyambut dengan baik adanya RAKER PWI 2023, harapan kami dengan adanya RAKER PWI ini dapat menyambungkan program kerja teman PWI kepada pemerintah daerah,yang kedua, karena teman PWI merupakan rekan kerja pemerintah daerah untuk menyambung informasi kepada masyarakat,” terangnya.

Bahkan janji Hengky, bahwa minggu depan mudah-mudahan bisa terealisasi

“Intinya nanti saat apel dilapangan, kita sampaikan kepada temen-temen OPD, kalau ada teman-teman yang mau ketemu mau menanyakan isu atau apa dan lain sebagainya, jangan sampai takut ketemu dengan media ketika diwawancara, karena ada beberapa media menyampaikan kepada saya, jadi kita berikan keterangan yang jelas kemudian klarifikasi kalau kita betul-betul tahu bagaimana hubungan yang baik antara pemerintah dan media,” janjinya.

Bahkan Hengky juga mengakui, bahwa Pemerintah juga sangat membutuhkan media untuk memberikan program-program yang kita buat untuk di ekpos buat pemberitaan, sehingga mempererat hubungan yang saling menguntungkan,” Tandas Hengky.

Selanjutnya kata Avira bahwa Kontribusi kita sementara sudah cukup bagus buat teman wartawan sudah membantu dan sudah memfasilitasi buat acara RAKER teman PWI dan kita sudah berkerjasama dengan PROKOMPIM dan Pemda Bandung barat.

“Kedepannya harus lebih ditingkatkan kemitraan kita apalagi untuk mengusung kegiatan ini yang relevan dengan bertemakan ‘Kebersamaan mewujudkan Pers yang profesional dan demokratis’ tema tersebut sangat relevan untuk kita menyambut tahun 2024 karena tahun 2024 adalah tahun politik,” paparnya.

Sedangkan menurut Perwakilan dari PWI Jawa Barat bidang Koordinator Pengawasan se Bandung Raya H. Imam menambahkan bahwa media massa adalah mitra kerja yang sangat potensial karena perannya sangat strategis sebagai Jembatan Informasi Antara Pemerintah Daerah dengan seluruh elemen masyarakat,

Karena wartawan dapat mensosialisakan kebijakan Pemerintah Daerah demikian pula permasalahan dan aspirasi masyarakat dapat lebih mudah di ketahui para pengambil kebijakan di semua level.

”Saya ingin media massa di bawah naungan PWI seyogyanya mampu memerankan diri secara aktif dalam mendorong kemajuan dan pertumbuhan masyarakat dan menjadi alat kontrol sosial yang efektif,” paparnya.

Imam juga menambahkan, bahwa Raker PWI Kabupaten Bandung Barat dapat menghasilkan Output yang mampu medorong perbaikkan kinerja manajemen serta menghasilkan rumusan program kerja yang inovatif dan berdaya ungkit tinggi terhadap peningkatan kinerja para wartawan yang tergabung dalam PWI perwakilan Kabupaten Bandung Barat.

“Saya berharap agar insan-insan pers yang berkiprah di PWI mampu menghasilkan rumusan program kerja yang inovatif dan berdaya ungkit tinggi terhadap peningkatan kinerja para wartawan dan bijak dengan misi membangun dan mendewaskan masyarakat melalui pesan jurnalistik,” Harapnya.

Sementara perwakilan dari Polres Cimahi Kanit Intel AKP Maman dalam sambutannya berharap kepada PWI Kabupaten Bandung Barat dapat membuat kaderisasi keanggotaan PWI Kabupaten Bandung Barat dan menambah keanggotaan PWI Kabupaten Bandung Barat.

Anggota dan pengurus PWI KBB saat gelar Raker PWI 2023

Maman juga mengatakan, dalam menjalankan profesi kita sebagai wartawan, kita harus mengedepankan sosial control dalam memberikan pemberitaan serta menanamkan kepercayaan kepada masyarakat tentang isi pemberitaan kita.

Maman berharap, jadikan wartawan mitra strategis, jangan jadikan wartawan sebagai musuh tetapi jadikan wartawan sebagai sahabat dari kita dalam menyampaikan informasi kepada khalayak luas.

“Jadikan wartawan mata telinga dalam pembangunan di daerah,” ujarnya.

(Bagdja)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *