Revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Segera Dilakukan Sesuai Anggaran 

  • Whatsapp

 

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memperlihatkan gambar disain revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta, yang diterimanya dari KGPH Purbaya, Rabu (8/2/2023). (Foto: Taufiq)

Read More

SURAKARTA, media3.id- Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bertemu putra mahkota Keraton Kasunanan Surakarta, KGPH Purbaya, Rabu (8/2/2023) membahas revitalisasi keraton.

 

“Wis, ndang digarap (segera dikerjakan), sudah dapat persetujuan. Ini lho wis beres kabeh (ini sudah beres semua), wis jadi kabeh,” ucap Gibran sembari menunjukkan gambar masterplan yang disampaikan KGPH Purbaya, di Balai Kota Surakarta, Rabu (8/2/2023).

 

Selanjutnya Gibran juga menggandeng Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah terkait revitalisasi Keraton Surakarta termasuk Masjid Agung.

 

Revitalisasi Keraton Surakarta ini akan dimulai dari Gerbang Gladak, menyusul komitmen pemerintah daerah (pemda) setempat dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menggarap proyek tersebut.

 

“Yang kami garap dulu Gerbang Gladak dan Alun-alun Selatan,” ucap Gibran, Jumat (10/2/2023).

 

Keputusan itu, lanjut Gibran, sesuai dengan hasil pertemuannya dengan Putra Mahkota Keraton Surakarta Kanjeng Gusti Pangeran Harya (KGPH) Purbaya pada Rabu, 8 Februari 2023. Dikatakannya, semua akan dilaksanakan bertahap, karena semua merupakan bangunan cagar budaya sehingga memerlukan perhatian khusus.

 

“Juga disesuaikan dengan kecukupan anggaran. Sebagaimana halnya saat revitalisasi Pura Mangkunegaran,” kata Gibran.

 

Gibran menyebut ada gambar masterplan lainnya yang tetap dijadikan acuan. Namun masterplan yang diberikan Purbaya, yang isinya hampir sama itu, merupakan perintah langsung dari sinuhun.

 

“Nanti rapat lagi dengan PUPR, sama desainnya kan tidak bisa diubah,” katanya.

 

Sementara dari pihak Keraton Kasunanan, lanjut Gibran, saat ini sedang mengurus yayasan untuk hal yang berkenaan dengan penyaluran bantuan anggaran.

 

“Yayasannya sedang berproses, habis itu langsung digarap,” tandas Gibran.

Ketua Takmir Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta, Muhtarom, usai menemui Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Kamis (9/2/2023) untuk berkoordinasi perihal revitalisasi masjid keraton. (Foto: Taufiq)

Melalui yayasan keluarga tersebut, nantinya seluruh aset yang direvitalisasi akan diserahterimakan. Pelaksanaan revitalisasi akan dilakukan menyeluruh, namun secara bertahap. Hal tersebut mengingat bangunan Keraton Kasunanan Surakarta sangat luas, berbeda dibandingkan Pura Mangkunegaran.

 

“Jangan dipikir berapa lamanya, tapi kapan kita memulainya. Ini sudah mulai, sama kayak Mangkunegaran kan. Sing penting wis garap sik,” ucap Gibran optimis.

 

Pada kesempatan terpisah sebelumnya, Ketua Takmir Masjid Agung Keraton Surakarta, Muhtarom juga mengharapkan revitalisasi masjid keraton segera dilakukan. Pihaknya pun telah menemui Gibran untuk berkoordinasi.

 

“Dalam hal ini kami mengawal bagaimana cagar budaya nasional tetap dilestarikan agar dapat menjadi destinasi wisata religi dan masjid yang memiliki nilai sejarah,” kata Muhtarom, Kamis (9/2/2023) usai bertemu Gibran di Balai Kota.

 

Muhtarom berharap dari pertemuan itu agar Masjid Agung dapat segera diperbaiki. Hal tersebut untuk mengantisipasi pelapukan yang terjadi pada bangunan utama yang mayoritas terdiri dari bahan kayu.

 

“Yang jelas kita kajian dengan cagar budaya (BPCB), ada pelapukan, ada kajian konservasi, ada DED juga dari cagar budaya itu yang kita kawal. Bangunan utama kan kayu semua dan perlu intensitas perawatan,” ungkapnya.

•(Shaleh Rudianto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *