Puncak Hari Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Tingkat Kota Cimahi 2022, Di Hadiri PLT Walikota Cimahi

  • Whatsapp

CIMAHI (Jawa Barat), media3.id – Puncak Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bangga Kencana Tingkat Kota Cimahi 2022, Plt Walikota Cimahi Ngatiyana ikut menghadiri acara tersebut, di laksanakan di Aula Gedung A Pemerintahan Kota Cimahi pada hari Jumat (1/4/2022).

Puncak Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bangga Kencana tahun ini, merupakan peringatan tahun emas gerakan PKK di Indonesia.

Read More

Baik Gerakan pembangunan masyarakat melalui keluarga sudah dimulai sejak Seminar Home Economic di Bogor pada tahun 1957, yang menghasilkan rumusan 10 Segi Kehidupan Keluarga.

Kemudian pada tahun 1972 Pemerintah menginstruksikan agar Gerakan PKK ini dilaksanakan di daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Tema yang diambil untuk peringatan 50 tahun Gerakan PKK adalah ‘Berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama’.

Peringatan HKG-PKK ke-50 Tahun 2022 adalah sebagai momentum untuk menggelorakan 10 program pokok PKK sesuai dengan prioritas program, sebagaimana yang telah ditetapkan berdasarkan permasalahan yang dihadapi dan potensi yang dimiliki, serta sebagai sarana publikasi yang efektif terhadap gerakan PKK.

Menurut Ngatiyana, makna dari tema sentral puncak Hari Kesatuan Gerak PKK,

“Gerak kiprahnya gerakan PKK selama ini sepenuhnya didedikasikan untuk mendukung program-program pemerintah, dengan fokus pada keberpihakan terhadap keluarga, masyarakat, dan sesama anak bangsa,” ungkapnya.

Gerakan PKK sudah terbukti mampu menginisiasi keluarga-keluarga dalam melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional.

Gerakan PKK semakin berkembang dengan program – programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa, salah satunya dengan adanya permasalahan stunting di indonesia.

Ngatiyana menandaskan, bahwa peran para Kader PKK sangat dibutuhkan dalam rangka merespon permasalahan stunting yang ada di Indonesia khususnya Kota Cimahi,

“Peran para kader PKK sangat dibutuhkan untuk turut berperan serta aktif dalam mengedukasi dan memberikan motivasi masyarakat.”

Karena PKK memiliki peranan sebagai salah satu garda terdepan penanganan kasus stunting. Kader PKK menjadi bagian dalam tim pendamping keluarga yang bertugas mendampingi dan mengedukasi terkait pencegahan stunting kepada calon pengantin, ibu hamil, ibu bersalin dan ibu dengan bayi dibawah usia dua tahun,” lanjut Ngatiyana.

Ngatiyana pun menyampaikan pesan khusus pada kader PKK, agar kader PKK dapat menjadi pelopor kepada ibu-ibu lainnya terkait pola asuh anak, pelopor upaya preventif, pencegahan kekerasan terhadap anak dan pernikahan usia dini. Minimal di lingkungan sekitarnya masing-masing, sekaligus juga menjadi pelopor seluruh anggota keluarga dan lingkungan dalam penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yang saat ini masih ada di sekitar masyarakat.

Ngatiyanapun menyampaikan harapannya, Semoga peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 Tahun 2022 ini menjadi momentum kebangkitan Gerakan PKK melalui gerakan keluarga pelopor perubahan menuju indonesia maju.

Dalam kegiatan ini pun diadakan Kejuaraan KESRAK (Kesatuan Gerak PKK) Tingkat Kota Cimahi yang diikuti oleh seluruh Kelurahan di Kota Cimahi yang menghasilkan Kelurahan Cipageran sebagai juara pertama, Kelurahan Leuwigajah sebagai juara kedua dan kelurahan Karang Mekar sebagai juara ketiga, serta Juara kedua Tik Tok Tingkat Provinsi Jawa Barat yang diraih oleh Kecamatan Cimahi Utara. (Sinta/bs).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *