Keliru Menerapkan Contoh Dalam Ceramahnya, Oki Setiana Dewi Dikoreksi Ulama

  • Whatsapp

JAKARTA, media3.id – Dirjen Bina Masyarakat (Bimas) Islam, Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin merespons ceramah Oki Setiana Dewi soal istri yang menutupi aib suami setelah ditampar yang viral di media sosial.
Kamaruddin menegaskan bahwa kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) tak dibenarkan dengan alasan apapun dalam ajaran Islam. Namun ia tidak melihat Oki bermaksud menjustifikasi KDRT dengan cerita yang dikisahkannya tersebut.

Senada, Sesdirjen Bimas Islam Kemenag, Fuad Nasar turut menegaskan bahwa ajaran Islam mengajarkan seorang suami diwajibkan memperlakukan istrinya dengan baik atau uasyarah bil ma’ruf dan dilarang menyakiti.

Read More

Ia lantai mengutip sebuah hadis Nabi Muhammad bahwa yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya.
“Jika ajaran dan nilai-nilai agama dipedomani dalam kehidupan keluarga dan rumah tangga, maka insyaallah tidak akan timbul KDRT dan akan banyak ditemukan rumah tangga teladan dalam masyarakat dan bangsa kita,” ucap Fuad.

Sementara itu, Ketua PBNU Alissa Qotrunnada Wahid menyayangkan ceramah Ustazah Oki Setiana Dewi yang menyinggung soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Alissa Wahid menegaskan kekerasan suami kepada istri tak pantas ditutupi.

Oki Setiana Dewi saat ceramah di Novotel Batam.

“Saya menyayangkan pemilihan contoh itu, karena sependek yang saya tahu Mbak Oki itu kan sedang membahas tentang bagaimana sebagai perempuan kita itu jangan mudah mengumbar aib keluarga termasuk aib suami, kan begitu message-nya. Tetapi karena pemilihan kasusnya salah itu, jadi perspektif dasarnya Mbak Oki jadi muncul bahwa KDRT, pemukulan yang dilakukan oleh laki-laki kepada istri itu aib, padahalnya yang aib itu memukulnya, bukan menceritakannya,” kata Alissa Wahid kepada wartawan, Kamis (3/2/2022).

Yang kedua, lanjut Alissa, memang menyampaikan pesan bahwa berpura-pura tidak ada kekerasan itu akan membuat laki-laki jatuh sayang dan berubah. “Saya bicara sebagai psikolog ya, konselor perkawinan dan juga tim yang mengembangkan konsep keluarga masalah Nahdlatul Ulama dan program bina keluarga sakinah Kementerian Agama, saya bisa mengatakan dari pengalaman saya mengkonsul pasangan suami istri itu tidak ada laki-laki yang kemudian berubah menjadi berhenti memukul karena istrinya menutupi dan menerima dipukul, itu tidak,” sebut Alissa.

Menanggapi viralnya video ceramah istrinya, suami Oki Setiana Dewi, Ory Vitrio memberikan link ke channel YouTube yang memuat ceramah Oki Setiana Dewi yang tengah ramai tersebut. Video tersebut berjudul ‘Tingkat Tertinggi Akhlak Istri’. Video berdurasi 4 menit 4 detik itu diunggah pada 20 Maret 2019.

Isi ceramah dalam video itu lebih panjang dari video-video yang viral dan tersebar di media sosial. Awalnya, Oki Setiana Dewi menceritakan soal sikap seorang perempuan yang selalu memperlihatkan kondisi rumah tangganya baik-baik saja, meski kenyataannya berbeda.

Oki Setiana Dewi sendiri, dalam riwayatnya merupakan seorang artis, pendakwah, dan penulis.
Dia lahir di Batam pada 13 Januari 1989, dan memiliki dua adik, yakni Shindy Kurnia Putri dan Ria Yunita (Ria Ricis).

Ibu empat anak ini telah membintangi beberapa film di Indonesia. Di antaranya Ketika Cinta Bertasbih, Demi Cinta, dan Merindu Cahaya de Amstel.

Lulus SMA, Oki melanjutkan studi di Universitas Indonesia jurusan Sastra Belanda, kemudian S2-nya di Universitas Negeri Jakarta mengambil jurusan Pendidikan Anak Usia Dini.

Tak berhenti di situ, Oki Setiana Dewi melanjutkan S3 di dua perguruan tinggi, yakni Program Doktor Kajian Islam Konsetrasi Dakwah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Program Doktor Ilmu Al Quran dan Tafsir Konsentrasi Pendidikan Berbasis Quran, Institut PTIQ Jakarta. Pada 2017, Oki Setiana Dewi juga pernah mempelajari Kajian Islam di Australia dan Jerman setelah mendapatkan beasiswa.

Sepanjang tahun 2011 hingga 2018, Oki sudah menulis beberapa judul buku, Melukis Pelangi, Cahaya di Atas Cahaya, Hijab Im In Love, hingga Sebentang Kearifan dari Barat. Riwayat inilah yang kemudian mengantarkan Oki menjadi pembicara di Program Islam Itu Indah di Trans TV.• (Shaleh Rudianto/Redaksi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *