Penguatan Peran Klinik Pratama Polri Dalam Pencegahan Stunting

  • Whatsapp

Yogyakarta, media3.id – Peduli Stunting, Bidang Kedokteran Kesehatan Polda DIY menggelar Focus Group Disscusion (FGD) dengan mengusung tema “Penguatan Peran Klinik Pratama Polri Dalam Pencegahan Stunting”.

 

Read More

Dalam rangka penanggulangan stunting secara komprehensif, Polda DIY melalui Biddokkes Polda DIY melaksanakan FGD bersama dengan Kanwil Kementerian Agama DIY, Dinas Kesehatan DIY, BKKBN DIY, Kementrian Agama Kabupaten dan Kota, pada hari Rabu tanggal 12 Juli 2023 di Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta.

 

Kabiddokkes Polda DIY Kombes Pol Agustini Purwaningsih mengatakan” FGD Ini merupakan bentuk upaya persuasif Polri guna menumbuhkan komitmen dan mempersatukan kekuatan Polri dengan Instansi Pemerintahan untuk mempercepat penanggulangan stunting di Wilayah DIY.

 

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bidang Urusan Agama Kanwil Kemenag Drs. Jauhar Mustofa, M.Si., menjelaskan dari tahun 2018 hingga 2023 tren perkawinan anak mengalami peningkatan, sedangkan rata-rata perkawinan anak terjadi karena adanya KTD (Kehamilan Tidak Direncanakan), untuk itu harus segera tanggulangi agar tidak berdampak pada kualitas generasi SDM di Indonesia.

 

Selain itu Dinas Kesehatan melalui ibu Endang Pamungkasiwi,SKM.M.Kes. menjelaskan bahwa penyebab lain stunting adalah banyaknya calon ibu/ remaja putri yang mengalami anemia/kurang darah, Upaya pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri menjadi upaya dalam pencegahan stunting.

 

BKKBN DIY yang diwakili oleh dr.Aris Nugraha mengatakan FGD yang di inisiasi oleh Biddokkes Polda DIY ini sangat membantu BKKBN dalam penanggulangan stunting karena tersupport dalam hal pendataan dan penyuluhan kepada masyarakat.

 

Kabid Humas Kombes Pol Nugroho Arianto, S.I.K, M.H dilokasi berbeda menyampaikan kepada pewarta” FGD yang dilaksanakan Biddokkes Polda DIY mendapatkan apresiasi oleh narasumber, dikarenakan kinerja Polri khususnya Biddokkes Polda DIY yang begitu masif dan responsif dalam memperhatikan kondisi kasus stunting pada anak” tutupnya.

(Suharso)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *