Masyarakat Tak Harus Panik, Dengan Wabah Virus Corona

  • Whatsapp

 

Banjar. Media3.id – Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 sa’at ini tak ayal telah membuat geger sebagaian besar penduduk bumi tak terkecuali masyarakat Indonesia. Virus mematikan yang pola penyebarannya cukup cepat ini membuat masyarakat dihantui perasaan was-was, terutama dikalangan masyarakat awam, virus Corona bagi mereka adalah momok yang sangat menakutkan, seakan ajal maut siap datang menjemput.
Suasana kebhatinan masyarakat seperti ini sebetunya bisa dimaklumi, karena setiap sa’at mereka disuguhi berbagai informasi terkait wabah virus Corona dari berbagai sumber terlebih media, mainstream media arus utama ataupun melalui media jejaring sosial.

Pemahaman masyarakat awam akan Covid-19 yang terbatas dan juga informasi hoax terkait wabah Corona yang kerap berseliweran ditambah ulah para pemain watak yang memanfaatkan situasi untuk dijadikannya panggung,kian memperparah kondisi psikologis masyarakat. Alih-alih memperlihatkan rasa empati terhadap keadaan,mereka para begundal ini malah terlihat asyik bermain akrobatik politik.

Menyikapi situasi seperti itu Tanto dan juga Fahrul dua tokoh pemuda mengajak, kepada siapapun untuk tetap menjaga rasa nyaman dan keamanan masyarakat agar mereka tak merasakan paniek yang berlebihan.

” Paling tidak kita bisa memberikan pemahaman yang benar terkait pola penyebaran wabah Corona ini,kalau mampu sih bisa berbuat lebih dengan membantu mereka,misal dengan memberikan mereka masker atau antiseptik ” Ujar Tanto.

Lebih jauh Tanto berharap,agar masyarakat mengikuti semua himbauan yang telah disampaikan pemerintah atau team penanganan Covid-19 yang telah dibentuk oleh pemerintah daerah masing-masing.

” ikuti saja himbauan pemerintah apalagi bagi mereka yang awam, karena tentang virus Corona ini tenaga kesehatan yang tergabung dalam team penanganan yang lebih faham ” Tegas Tanto Yang Juga Kord Konci ,sebuah komunitas yang bergerak di bidang kebersihan lingkungan hidup khususnya Wilayah Sungai Citanduy.

Hal senada disampaikan tokoh pemuda yang akrab disapa Alul ini, menurutnya kerja tenaga medis yang rela mengorbankan jiwa raganya akan terasa sia-sia bila masyarakatnya sendiri tak mematuhi semua himbauan yang telah disampaikan pemerintah.

” Dengan mematuhi semua himbauan pemerintah, itupun sebetunya sudah membantu meringankan kerja tenaga medis yang selama ini mereka sendiri berjibaku dengan nyawanya sendiri ” katanya.

Lebih lanjut Alul pun meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang, jangan paniek berlebihan dan biasakan menjalankan pola hidup bersih dan sehat,serta sadari diri bahwa mencegah itu lebih murah daripada mengobati.

” Jadilah duta kesehatan paling tidak untuk diri kita masing-masing terlebih dahulu ” Pungkasnya.

(Tobring)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *