Kelompok Tani TPS.3R Ds Ciheulang Butuh Bantuan Mesin Pencacah Sampah Organik

  • Whatsapp

 

Kab Bandung, Media3.id- Desa Ciheulang,rw 08 kampung Keramat Kecamatan Ciparay kabupaten Bandung, sudah memiliki Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) berbasis Reduce, Reuse, Recycle (3R). TPS3R ini merupakan sistem pengelolaan dan teknologi pengolahan sampah sebagai solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan dampak yang ditimbulkannya.

Melalui TPS3R ini tidak hanya persoalan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah yang dapat dikurangi, namun juga dihasilkan produk-produk yang bernilai ekonomis dari sampah yang diolah tersebut.

Dijelaskan Udan ketua kelompok pengelola sampah desa Ciheulang,Jumat(3/1) kepada reporter Media3.id ,” Teknologi TPS3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman hias,Selain itu, untuk meningkatkan kualitas hasil pengomposan akan diterapkan teknologi kompos cacing (kascing).
Namun menurut Udan yang didampingi Dani selaku Ketua RW 08,ada kendala yang cukup krusial yaitu tidak memiliki sarana penunjang terkait belum memiliki mesin pencacah sampah organik,yang sangat di butuhkan untuk mengelola sampah organik,” Ucapnya.

Masih menurut Udan, padahal sarana mesin pencacah tersebut sangat menunjang dalam proses pengerjaan sampah organik.
Diakui Udan,pihaknya sudah mengajukan proposal permohonan bantuan kepada Dinas terkait namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda titik terang untuk menerima mesin pencacah sampah.
“berharap kepada Dinas terkait untuk segera merealisasikan permohonan bantuan mesin pencacah sampah,” tandasnya.

Ditempat yang sama Dani,mengatakan,” Betul, kami membutuhkan mesin pencacah sampah organik karena hanya dengan sarana itu kami bisa berkarya dalam membantu program pemerintah kabupaten Bandung,melalui Program Seribu Kampung sesuai dengan visi misi kabupaten Bandung,Maju, Mandiri dan Berdaya Saing,dimana tahun 2020 kabupaten Bandung bebas sampah,” tegasnya.

(Arbim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *