Citarum Harum Sektor VII Berkesan Bagi Mahasiswa KKN Universitas Airlangga

0
112

Bandung, Media3.id – Bertempat di Taman Sangkuriang Citarum Harum Sektor VII, kampung Sukamukti Sangkanhurip Desa Rancamanyar, Kabupaten Bandung, Rabu, (24/7) digelar penutupan KKN Tematik mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.
Acara yang di hadiri Dansektor VII Kolonel Kav Purwadi beserta Satgasnya dan drh. Budiarto MP selaku Sekertaris LPPM UNAIR beserta 5 Dosen pembimbing, berjalan penuh makna.

Turut hadir pula Dani Hamdani Kepala Desa Rancamanyar, penggiat Lingkungan, Ketua PKK, desa Rancamanyar, Sukamukti, Sangkanhurip, Karang taruna, Mahasiswa UPI dan masyarakat.

Pantauan reporter Media3.id, acara di mulai dengan senam aerobik, gerak jalan dan pameran hasil KKN, pembagian Door prize, diakhiri Foto bersama.

Dansektor VII Satgas Citarum Harum, Kolonel Kav Purwadi dalam sambutannya mengatakan, ucapkan terimakasih kepada mahasiswa UNAIR yang sedang melakukan KKN tematik Citarum Harum di wilayah Sektor VII selama 20 hari telah membantu dalam menjalankan program pemerintah dalam upaya percepatan, pengendalian, pemulihan DAS Citarum yang disebut salah satu sungai terkotor di dunia.

“Semoga peran mahasiswa ini bisa jadi input bagi masyarakat untuk bersama-sama menjaga DAS Citarum agar bisa pulih kembali,airnya bersih bebas dari sampah dan limbah pabrik,” jelasnya.

Lanjut Purwadi, ucapan terimakasih juga kepada pemerintah desa Rancamanyar dan 14 desa yang berada di wilayah kerja satgas sektor VII yang telah bersama-sama membantu program Citarum Harum, kedepannya bila kami sudah selesai menjalankan tugas selaku Satgas Citarum Harum,diharapkan Pemerintah desa dan Pemkab Bandung, bisa menjaga dan merawat keberadaan DAS Citarum dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

“Dengan kekuatan 200 orang Personel Satgas Citarum di Sektor VII, alhamdulilah,kami melaksankan sosialisasi kepada pabrik -pabrik yang membuang limbah dan pembinaan terhadap masyarakat,semoga apa yang kami kerjakan bisa bermanpaat.” tegasnya.

Ditempat yang sama Budiharto drh MP, perwakilan UNAIR mengucapkan terimakasih kepada Kolonel Kav Purwadi yang telah membantu membimbing mahasiswanya dalam KKN Tematik Citarum yang ke 3 kalinya.
Dimana mahasiswa kami bisa menambah ilmu dalam KKN Tematik ini, dan bisa mengambil hikmah dan pelajaran dalam menjaga lingkungan sskitar.

Hal senada di katakan Alfin Mahasiswa UNAIR, apa yang menjadi tujuan yakni bisa membantu program Citarum Harum dan menambah wawasan dalam menjaga lingkungan, agar kedepannya ilmu-ilmu yang di dapatkan dari KKN Tematik ini bisa di bawa pulang dan di terapkan di lingkungan kampus dan masyarakat.

Sementara Dani Hamdani Kades Rancamanyar mengatakan, sejak kehadiran Satgas Citarum Harum sektor VII di wilayah kami, sangat membantu dalam upaya peningkatan kesadaran lingkungan, arti dari bersih diri dan bersih lingkungan.

Sekarang sudah banyak perubahan yang signifikan bila melihat DAS Citarum,dulu DAS Citarum dan bantarannya kumuh, banyak sampah dan airnya keruh dengan air limbah, tapi kini DAS Citarum mulai tertata dengan baik berkat Satgas Sektor VII yang selama ini merawat DAS Citarum.

“Kami atas nama Pemdes Rancamanyar mengucapkan terimakasih kepada Kolonel Kav Purwadi yang telah berupaya memberi contoh baik kepada masyarakat dalam menjaga dan merawat DAS Citarum.” Pungkasnya.

(Arbim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here