Antisipasi Bencana, Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sumsel Siagakan Tim SAR

  • Whatsapp

PALEMBANG (Sumatera Selatan), media3.id – Tim Siaga SAR dari Kompi 1 dan 2 melaksanakan pengecekan peralatan SAR memastikan semuanya dalam keadaan siap pakai.

Yang mana Siaga disini yaitu mengawali tugas dengan Apel Kesiapan personil SAR, kemudian mengecek peralatan dan perlengkapan terkait SAR, bilamana nanti dipakai untuk tugas SAR tidak terjadi kendala dilapangan.

Read More

Perlu diketahui bahwa SAR Merupakan Kepanjangan Dari Search and Rescue dalam kegiatan SAR terhadap orang dan material yang hilang atau dikhawatirkan hilang, atau menghadapi bahaya yang biasanya dikaitkan dengan bencana yang sering terjadi di wilayah Sumsel disanalah Personil Brimob dengan kualifikasi SAR dibutuhkan guna memberikan pertolongan kepada korban bencana.

Foto: Pengecekan peralatan pendukung pelaksanaan SAR di lapangan. (Dok Hum Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sumsel, 26/11/2023)

Komandan Batalyon A Pelopor Kompol Wahyu Prasetyo, S.H. M.Si., berpesan kepada anggotanya bahwa “dalam pelaksanaan Piket Posko Siaga SAR agar bisa memonitor perkembangan situasi di lapangan terkait dengan adanya bencana yang mana bisa terjadi kapan pun” imbuhnya.

Saat dikonfirmasi,Komandan Batalyon A Pelopor Kompol Wahyu menuturkan, “Tugas dari Siaga Team SAR adalah selalu memantau perkembangan situasi cuaca di lapangan, dan bilamana terjadi suatu hal yang tidak diinginkan bisa segera diterjunkan ke lapangan.” Tuturnya.

Dengan demikian diharapkan dengan adanya Team Siaga SAR dapat menjadi Team respon cepat ketika terjadi Bencana Alam, salah satunya yaitu Banjir, tambahnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *