Bumdes diharapkan Bisa Menghasilkan PAD

  • Whatsapp

Banjar, media3.id,- 16 Desa di kota Banjar mengikuti kegiatan Pembinaan Bumdes yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD) Kota Banjar dalam proses melakukan sosialisasi arahan dan pembinaan kepada Bumdes.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kesbangpol kota Banjar,Senin (28/11-22)

Read More

Menurut Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana seusai mengikuti kegiatan pembinaan Bumdes mengatakan pembinaan untuk Bumdes ini supaya Bumdes bisa berjalan dengan baik, sehat dan nantinya bisa menghasilkan PAD buat desanya masing-masing.

” Saat ini kendala di Bumdes ini adalah pengelola-pengelola Bumdes yang baru dan kepala Desa yang baru trauma tidak mau menggarap Bumdes karena takut terbawa permasalahan sebelumnya, ” ucap Wakil Wali Kota saat ditemui di Aula Kantor Dinas PMD Kota Banjar, Senin ( 28/11/2022).

Padahal menurut Wakil Wali Kota, ketika serah terima dari pengelola lama ke pengelola baru harus jelas. Yang jadi masalah, sekarang ini harus ada protect.
Minimal Bumdes-bumdes ini sehat, setelah sehat kemudian bisa mendapatkan PAD bagi desanya masing-masing.

” Nah ini pembinaan yang wajib oleh Pemdes untuk proteksi jangan sampai Bumdes kacau balau, artinya bumdes harus sehat. Camat dan kepala Desa harus dilibatkan.
Karena semua harus berjalan beriringan. Bersama-sama memprotek, melindungi jangan sampai ada Bumdes yang macet kemudian gagal, ” imbuhnya.

Sekarang Bumdes banyak terjebak di simpan pinjam yang mengakibatkan kemacetan, padahal Bumdes bisa membuka
ruang lingkup dengan melakukan usaha yang multi, tidak satu arah.

” Targetnya uang itu berputar dan perputarannya di Desa setempat, sehingga kemudian keuntungannya juga bisa dinikmati sebanyak-banyaknya oleh masyarakat setempat. Karena
tujuan diadakan Bumdes untuk mensejahterakan masyarakat, ” pungkas Wakil Wali Kota.

(tema)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.