Lapas Banjar mengikuti Voluntary Conseling Test (VCT) yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Banjar

  • Whatsapp

Banjar, media3.id – Sejumlah Warga Binaan Lapas Banjar mengikuti Voluntary Conseling Test (VCT) yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Banjar dan Puskesmas Pataruman 3 Kota Banjar, di aula Lapas Banjar Rabu 28 September 2022.

Kegiatan VCT ini bertujuan untuk mendeteksi ada tidaknya warga binaan yang terjangkit HIV, mencegah terjadinya penularan HIV di lapas, serta memberi pengetahuan tentang manfaat diselenggarakannya VCT.

Read More

Sebelum dilakukan tes VCT, Warga binaan terlebih dahulu diberikan konseling dan penjelasan mengenai HIV sehingga mereka dapat memahami tujuan diadakannya VCT tersebut.

Kalapas Banjar Mohamad Maolana menuturkan bahwa VCT ini terlaksana atas sinergitas dan kerjasama Lapas Banjar dengan Dinas Kesehatan Kota Banjar dan Puskesmas Pataruman 3 Kota Banjar, hal ini juga merupakan salahsatu implementasi Kunci Pemasyarakatan Maju yakni bersinergi dengan stakeholder terkait.

Lebih lanjut kegiatan ini sebagai pemenuhan hak warga binaan dalam memperoleh layanan kesehatan dan juga implementasi atas Program Back To Basic yang mana salahsatu pointnya berisi perawatan kesehatan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Banjar dr Hj.Ika Rika Rohantika menilai sangat pentingnya Lapas untuk dilakukan VCT karena salahsatu penularan HIV Aids yakni melalui cairan sperma. Dikhawatirkan dalam Lapas terjadi interaksi penyimpangan seksual yang dapat menyebabkan penularan HIV, sehingga dilakukannya VCT sebagai upaya untuk mendeteksi warga binaan ada tidaknya yang positif HIV, terang Rika.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.