Puskesmas Kelurahan Citeureup Gebyar BIAN Dengan Target 400 Balita

  • Whatsapp

 

Lurah Citeureup Rusli Sudarmadi, S.Ip Gebyar BIAN di Puskesmas Citeureup, Sabtu (24/9/2022).

Read More

 

CIMAHI, Media3.id – Dalam rangka menyukseskan Program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 Kota Cimahi, yang dicanangkan Kementerian Kesehatan RI Tahun 2022. Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengadakan Gebyar Imunisasi BIAN di 15 kelurahan se-Kota Cimahi secara serentak.

Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Citeureup menggelar Gebyar Imunisasi BIAN di Puskesmas Citeureup Jalan Citeureup No. 20 A, Citeureup, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Sabtu (24/9/2022).

Lurah Citeureup Rusli Sudarmadi, S.Ip, menyebutkan, bahwa program Gebyar BIAN ini merupakan Program Pemerintah Kota Cimahi yang dilaksanakan serentak di 15 kelurahan se-Kota Cimahi, sebagai upaya menutup kesenjangan imunitas anak, dengan mengejar cakupan kegiatan imunisasi tambahan (campak-rubela) dan imunisasi kejar (OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib).

“Alhamdulillah Kelurahan Citeureup hari ini melaksanakan Gebyar Imunisasi BIAN di Puskesmas Citeureup,” ujarnya.

Menurut Rusli, pihaknya telah berkoordinasi dan bekerjasama yang baik dengan Puskesmas Citeureup dalam mencapai sasaran cakupan imunisasi balita.

“Sasaran imunisasi yang kita kejar sebanyak 400 balita,” tukasnya.

Ruslipun mengatakan, bahwa pihaknya telah memberikan informasi kepada masyarakat, dan mengajak masyarakat yang memiliki balita untuk melaksanakan imunisasi di Puskesmas Citeureup,

“Meski sudah berusaha maksimal, tetapi kami masih banyak kekurangan, karena sangat sulit mengajak masyarakat untuk ikut imunisasi,” terangnya.

Kepala Puskesmas Citeureup dr. Juara Hutapea
Kepala Puskesmas Citeureup dr. Juara Hutapea

Lebih jauh dikatakan Rusli, bahwa pihaknya berkomitmen dengan Puskesmas Citeureup untuk mengejar target cakupan BIAN di Kelurahan Citeureup,

“Berdasarkan data, cakupan yang belum terkejar di Kelurahan Citeureup ini sebanyak 400 balita, dan hari ini pelaksanaan imunisasi BIAN menargetkan minimal 50 persen tercapai, jika belum maksimal sisanya akan kita kejar dengan menjemput bola ke masing-masing RW,” tandas Rusli.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Puskesmas Citeureup dr. Juara Hutapea, bahwa partisipasi masyarakat Citereup dalam gelar Bian sangat bagus,

“BIAN yang dilaksanakan di Puskesmas Citeureup ini dari 19 RW dan 113 RT, sekira pukul 7.00 WIB mereka sudah antri ikut imuniasi,” ujarnya.

Dikatakan kembali oleh Juara, bahwa sasaran cakupan BIAN di Kelurahan Citeureup ini kurang lebih 400 balita,

“Balita yang diimunisasi dari umur 9 bulan sampai dengan 5 tahun, dan sasaran cakupan BIAN di Kelurahan Citeureup ini kurang lebih 400 balita, dan akan ada balita susulan yang mengikuti BIAN di hari Senin nanti,” ulasnya.

“Dengan tercapainya BIAN, maka kualitas kesehatan imun semakin meningkat pada anak-anak balita,” tutup Juara.

(Sinta)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.