Tekan Penyebaran PMK Polda DIY galakkan Vaksinasi Pada Hewan

  • Whatsapp

Yogyakarta, media3.id – Polda DIY terus melakukan vaksinasi pada ternak dan penyemprotan disinfektan dilingkungan kandang kelompok ternak.

Read More

Hal tersebut terlihat dari petugas kepolisian yang tergabung dalam Operasi Aman Nusa II Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Tahun 2022 di kandang Kelompok Ternak Lembu Manunggal, Dawung, Tegaltirto, Kandang Kelompok Ternak Guyub Lembusari, Sonosari, Kadisono, Kandang Ternak Kelompok Tani Lembu Aji di Dusun Pondok Kulon, dan kandang ternak kelompok tani Rukun Santosa di Kalipentung, Mangunan, Kalitirto Berbah, Sleman. (Selasa 26 Juli 2022.)

Dilokasi kandang kelompok ternak Lembu Manunggal terdapat 68 ekor sapi yang mendapatkan vaksinasi, sedangkan pada kandang kelompok ternak Guyub Lembusari mendapat vaksinasi untuk 26 ekor sapi. Kandang Ternak Kelompok Tani Lembu Aji sebanyak 36 ekor sapi dan kandang ternak kelompok tani Rukun Santosa di Kalitirto sebanyak 20 ekor sapi.

Tim yang diterjunkan langsung merupakan vaksinator gabungan dari Polda DIY dan Puskeswan Berbah serta Tim pendukung dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sleman, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Penyuluh Pertanian serta Inseminator dr Kapanewon Berbah.

Sebelum dilakukan vaksinasi dan penyemprotan, personel terlebih dahulu melaksanakan pemantauan baik lingkungan sekitar kandang, dan pengecekan kondisi kesehatan hewan ternak. Polda DIY sendiri menurunkan tim vaksinator yang dipimpin oleh AKBP drh. Tri Rina Noviyanti, S.IP., M.I.P yang kesehariannya menjabat sebagai Kabagada Rolog Polda DIY.

AKBP drh. Tri Rina kepada pewarta menyampaikan di hari ini (26/7) menargetkan setidaknya 150 dosis vaksin yang terbagi di dua tempat yakni Kalitirto dan Tegaltirto Berbah.

“Tim satgas Vaksinasi Operasi Aman Nusa II PMK Polda DIY hari ini terbagi menjadi dua tim yakni di Kalitirto dan Tegaltirto,” jelasnya.

Menurutnya Polda DIY akan terus memberikan vaksinasi kepada hewan ternak dalam mendukung upaya Pemerintah Daerah menekan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di DIY.

Secara terpisah Kabidhumas Polda DIY menambahkan, Polda DIY telah menerjunkan anggotanya yang tergabung dalam Ops Aman Nusa II PMK untuk membantu Pemda DIY menekan laju penyebaran PMK.

“Kita terjunkan anggota (Polda DIY) untuk membantu Pemda DIY menekan penyebaran penyakit tersebut, termasuk tiga anggota yang memiliki keahlian sebagai dokter hewan,” ucapnya.

(Suharso)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *