Kukuhkan 108 Duta Pariwisata, Ridwan Kamil: Promosikan Destinasi Wisata Melalui Konten Kreatif

  • Whatsapp

KOTA BANDUNG, Media3.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengukuhkan 108 duta pariwisata Jabar dalam program Smilling West Java Ambassador (SWJ) di Plaza Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (21/6/2022).

Read More

Ke-108 orang yang didominasi kaum muda ini akan mempromosikan destinasi wisata, kebudayaan dan produk ekonomi kreatif unggulan Jabar melalui konten kreatif di beberapa platform media sosial pribadinya.

“Ini mungkin pertama di Indonesia, mulai hari ini, ke mana-mana, mereka merekam potensi-potensi pariwisata baik yang sudah diketahui maupun yang belum tahu dengan berbagai jenis genrenya seperti outdoor, nature, kuliner, belanja, sejarah, religi, apapun yang membuat orang datang,” kata Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil.

Gaya penyampaian promosi pariwisata yang dilakukan para ambassador ini melalui narasi kreatif dengan gaya kekinian. Adapun total jumlah followers dari 108 ambassador di instagram berjumlah 2.577.180 pengikut, dan di tiktok sebanyak 3.750.395 pengikut.

Menurut Kang Emil, fenomena promosi saat ini sudah tidak lagi menggunakan teori lama seperti memasang iklan besar-besaran dengan biaya mahal di media elektronik dan cetak maupun baligo, tetapi pola promosi melalui digital marketing.

“Kita hidup di era digital, maka digital marketing menjadi pilihan. Digital marketing ini tidak menyewa kantor-kantor besar tapi menggunakan citizen journalism, maka lahirlah program Smilling West Java Ambassador,” ucapnya.

SWJ Ambassador merupakan program dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar yang memberdayakan masyarakat khususnya pelaku ekonomi kreatif subsektor video dan fotografi.

Rangkaian program SWJ Ambassador diawali dengan pelaksanaan opencall ke masyarakat dengan jumlah pendaftar 2.032 orang. Setelah melalui tahapan seleksi terpilih 108 orang sesuai dengan jumlah destinasi unggulan di Jabar.

Kang Emil mengatakan, 108 Duta Pariwisata itu memiliki banyak pengikutnya di media sosial. Mereka sudah terbiasa membuat konten kreatif di akun medsosnya. Nantinya, hasil kreasi promosi wisatanya akan membanjiri handphone masyarakat. Dengan begitu diharapkan kunjungan pariwisata Jabar akan semakin meningkat.

“108 konten kreator ini pengikut di media sosialnya banyak dan hasilnya juga bagus. Nanti hasilnya akan membanjiri hp-hp masyarakat sehingga berakhir pada naiknya kunjungan pariwisata,” ujar Kang Emil.

Sesuai kajian, sektor pariwisata di Jabar tidak terlalu fokus pada wisatawan asing melainkan wisatawan regional. Kepada para ambassador Kang Emil menitipkan agar selain promosi wisata, mereka juga diminta untuk memberikan edukasi kepada wisatawan.

“Saya titip tidak hanya mempromosikan, tapi edukasi agar pariwisata ini wisatawannya bertanggung jawab lewat pesan dari konten ambassador,” katanya.

(Aby)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *