Hujan Tak Berhenti, Akibatkan Jalur Puncak Menuju Cianjur Longsor

  • Whatsapp

Bogor, media3.id – Hujan ringan semalam suntuk mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Bogor, dikabarkan kawasan Jalur wisata Puncak Bogor menuju Cianjur,  Jawa Barat, terdampak bencana longsor. Informasi yang dihimpun dari Tim PUSDALOPS BPBD Kabupaten Bogor, Minggu (10/01) malam.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Pranowo mengatakan, longsor terjadi pada Minggu malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Kejadian longsor di kawasan Puncak, tepat di Desa Tugu Selatan, Cisarua terjadi sekitar pukul 23.00 WIB tadi malam, peristiwa terjadi saat hujan dalam intensitas ringan mengguyur lokasi kejadian.

“Kejadian di puncak perkiraan sekitar hampir jam 11 malam tadi (10/1/2021). Dan pada saat kondisi saat kejadian itu tidak hujan (deras). Tapi memang ada gerimis-gerimis,” ujarnya kepada awak media, Senin (11/01).

Budi mengatakan, lokasi longsor berada di sekitar perkebunan teh Gunung Mas. Longsor terjadi akibat jalur mata air yang tersumbat. Jalur air itu meluap hingga membuat tanah di sekitar lokasi menjadi longsor. 

“Di atas longsoran itu ada jalur air, mata air, karena warga setempat suka ambil air di situ. Diduga ada mampet tersumbat akhirnya air itu mencari jalur lain,” terangnya.

“Akhirnya air ketemu tanah yang gembur dan merosot lah longsor ke jalan sampai saat ini hampir menutupi hampir sekitar 20 meter sepanjang jalan,” ujarnya.

(Ardhie)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.