Banjir Pasteur dan Melong Cimahi 2921 Pemerintah Prop Jabar Telah Dianggarkan

  • Whatsapp

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Barat PJS Bupati Pangandaran Dr Dani Ramdani, MT (Foto : Sinta)

Cimahi, Media3.Id – Terjadinya banjir di daerah jalan Pasteur Kota Bandung, dan daerah Melong Kecamatan Cimahi Selatan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat oada tahun 2921 sudah siap menganggarkan biaya pelebaran gorong-gorong dilintasan Jalan Jendral Amir Machmud Cimahi, yang merupakan jalan Nasional, agar lintasan air gorong-gorong bisa langsung ke Sungai Citarum.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, (BPBD) Provinsi Jawa Barat Dr H. Dani Ramdani, MT, banjirnya wilayah Pasteur,

“Hal itu diakibatkan cuaca ekstrim, dan intensitas hujan terus menerus, terutama semuanya dibagian utara, daerah resapan bagian utara, mulai semakin berkurang, jadi air langsung kesungai, sehingga akhirnya air dari hujan yang deras menjadi meluap,” Ulas Dani.

Karena kata Dani, saluran-saluran di sungai Citepus, yang membludag, melewati jalan Jendral Amir Mahmud di Cimahi yang riul-riulnya sangat kecil.

Tapi dikarenakan jalan tersebut masuk kepada jalan Nasional, jadi kata Dani pihaknya belum bisa mengintervensi terkait jalan wilayah pusat Nasional tersebut.

“Namun hal itu sudah dianggarkan, tetapi kalau hanya diperbaiki didaerah Pasteur saja, sedangkan saluran ke Cimahi tidak diperbaiki, tidak menutup kemungkinan akan terjadi banjir kembali,” katanya pula.

Danipun sudah memastikan pada tahun 2021 gorong-gorong tersebut akan diperbesar.

“Agar kedepannya banjir Pasteur tidak terjadi lagi, satu-satunya cara, saluran keselatan daerah Cimahi harus diperbesar, kebawahnya yang langsung air mengalir kekali Citarum harus ada normalisasi, kalau didaerah utaranya, jika melalui fegetasinya memang sangat sulit, karena sudah banyak bangunan-bangunan megah berdiri disana” Ujar Dani Pasti.

Maka pihak BPBD akan mendorong setiap rumah untuk membuat sumur-sumur resapan, yang manfaatnya dengan sumur resapan, yaitu mencegah air mengalir langsung kesungai.

Begitu pula yang diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan, M S i, M M, terkait rutinitas bila musim penghujan datang, daerah Melong Cimahi Selatan merupakan langganan banjir.

Menurut Dikdik, pada tahun 2021, dari Pemerintahan Provinsi juga, akan membantu kendala masalah banjir di daerah Melong tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan, M.SI, MM. (Foto : Sinta)

“Pihak pemerintah Kota Cimahi masalah Melong memang jadi permasalahan, bahkan pihak kami, sudah berupaya dengan berbagai upaya dan rencana, semua akan diusahakan tahun depan permasalahan Melong akan diselesaikan,” tegasnya.

Bahkan kata Dikdik, dari pihak Pemerintahan Provinsipun akan membantu untuk melancarkan genangan air sampai ke sungai Citarum.

Masalah Melong, ujar, Dikdik, bukan hanya agenda Pemerintahan Kota Cimahi saja, bahkan masalah ini terkait pula kepada daerah-daerah, seperti, daerah Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung ikut andil permasalahan Melong,

“Karena bila air sudah tersalurkan, dan tembus ke Kabupaten Bandung, makanya Pemerintah Provinsi akan membantu penyelesaian permasalahan Melong tersebut karena, keterkaitan tiga wilayah,” jelasnya.

Bahkan kata Dikdik, pihaknya secara intens sudah berkomunikasi dengan pihak Kota Bandung, Kabupaten Bandung, karena kata Dikdik, hal ini dilihat dan dipandang sebagai permasalahan bersama.

(Sinta/Bagdja)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.