Dua Titik Longsor Terjadi Di KBB Memakan Korban 1 Orang

  • Whatsapp

Lokasi terjadinya longsor didaerah Kampung Lebak Cihideung, desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, yang memakan korban Dedi Rohendi.

Ngamprah, Media3.Id. – Dalam waktu yang berbeda, di Kabupaten Bandung Barat, terjadi longsor didua titik.

Longsor tersebut terjadi akibat hujan yang mengguyur terus-menerus, mengakibatkan kontur tanah tidak tahan menahan derasnya air.

Seperti yang terjadi longsor didaerah Kampung Lebak Cihideung, desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (24/12/2020).

Dalam kejadian tersebut, salah seorang warga bernama Dedi Rohendi (43) warga RT 02 RW 17, desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, yang tertimbun oleh material longsor.

Dedi sekira pukul 16.30 WIB, dalam posisi keadaannya sudah meninggal, akhirnya berhasil dikeluarkan dari timbunan material longsor tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Dudy Prabowo bahwa pada saat ditemukan, mayat Dedi, posisinya, yang tertimbun tanah, sedang dibagian tengah rumah dengan kondisi sedang membungkuk didekat sofa.

Sedangkan lokasi terjadi longsor selanjutnya yaitu didaerah Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat.

Seperti yang dituturkan oleh Kepala RPH Cisarua, Ocep Daslia, bahwa tanda-tanda akan terjadinya longsor sudah terlihat sejak malam Kamis, ketika hujan deras turun.

Lokasi jalan yang amblas didaerah Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, dekat lokasi wisata Curug Pelangi yang dulunya adalah Curug Cimahi

“Retakan yang terjadi di bibir jalan mulai terlihat, sehingga kami menutupinya dengan alat seadanya, supaya tidak dapat dilalui kendaraan,” ucap Ocep.

Tapi, lanjut Ocep, sekitar pukul 14.30 WIB, retakan makin membesar, dan akhirnya longsorpun terjadi, berbentuk lubang besar dalam bahu jalan. Sabtu (26/12/2020).

Jalan Kolonel Masturi-Cisarua desa Kertawangi, tersebut merupakan lintasan jalur wisata bagi wisatawan yang akan berwisata kedaerah lembang-Subang.

Dan jalan itu, merupakan lintasan untuk menghindari kemacetan dari jalur Setiabudi-Lembang.

Kini lokasi longsor, amblasnya jalan tersebut setinggi 50 meter, lebar 15 meter tersebut tepat berada diatas temoat objek wisata Curug Pelangi, yang dulunya sebelum KBB terbentuk, dinamakan Curug Cimahi

Akhirnya untuk mengantisipasi kemacetan, maka pihak kepolisian dari Polres Cimahi, memberlakukan sistem buka tutup jalan.

(Sinta/Bagdja)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.