Dampak Covid-19, Angka Pernikahan Di Kecamatan Jayakerta Menurun

  • Whatsapp

Karawang, Media3.id- Dampak Covid-19 yang berlangsung satu tahun ini, bukan hanya berdampak pada perekonomian, bahkan berdampak pada angka pernikahanpun berkurang. di Kantor Urusan Agama Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang mencatat di tahun 2019 terdapat 600 yang melangsungkan pernikahan namun di tahun 2020 hanya ada 400.

Handi S.Ag. MA Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jayakerta menjelaskan bahwa di tahun 2020 ini Angka pernihakan berkurang bila dibandingkan tahun lalu. Belum diketahui apa penyebabnya namun ia menduga berkurangnya angka pernikahan di Kecamatan Jayakerta mungkin dampak dari covid-19

“kalau sekarang agak berkurang yang pertama ya kita saat ini sedang pandemi sehingga penurunan dibandingkan tahun kemaren ya cukup lumayan” kata Handi, saat diwawancara di ruangan kerjanya, Senin (21/12/20).

Sepengetahannya data yang tercatat di KUA Jayakerta terdapat ada 600 lebih yang melangsungkan pernikahan secara resmi (tercatat di KUA) pada tahun 2019 lalu, Namun kini ditahun 2020 hingga saat ini baru tercatat sebanyak 400 yang melaksanakan pernikahan

“kalau tahun kemaren sampai diatas 600 sedangkan untuk tahun ini sampai sekarangkan baru 400” jelasnya

Sedangkan menurut Handi terdapat perbedaan lebih kurang 200 bila dibandingkan tahun lalu. karenadi tahun sebelumnya lebih banyak “berarti lebih kurang 200 perbedaanya” ungkapnya.

Soal berkurangnya angka pernikahan ditahun ini menurutnya bukan karena ada pembatasan disaat news normal namun disaat melaksanakan pernikahan protokol kesehatan tentunya harus dipatuhi atau bener benar harus dilaksanakan guna mencegah penyebaran covid-19.

“untuk sekarangkan masa news normal jadi tetap yang penting kita tidak membatasi tapi protokol kesehatan betul betul dilaksanakan saat pelaksanaan pernikahan” pungkasnya.

Laporan: Daman Huri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.