Bantuan Motor Trisida Dan GerSamDong Diserahkan Ngatiyana Secara Simbolis Pada Ketua RW Se Kota Cimahi

  • Whatsapp

Motor roda tiga dan gerobak sampah untuk RW-RW se Kota Cimahi siap diberikan oleh Pemkot Cimahi

CIMAHI, MEDIA3.ID – Untuk mewujudkan lingkungan bersih menuju masyarakat Kota Cimahi yang sehat jasmani dan rohaninya,

Plt. Wali kota Cimahi, Letkol. Inf. (Purn.) Ngatiyana, secara simbolis menyerahkan motor Roda Tiga (Trisida) dan Gerobak Sampah Dorong, (Gersamdong) kepada seluruh penerima manfaat di tingkat RW (Rukun Warga), bertempat di Aula Gedung Cimahi Techno Park, Jl. Raya Baros, Utama, Kota Cimahi pada Senin (14/12).

Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, yang ditenggarai oleh Dinas Lingkungan Hidup, (DLH) menyerahkan bantuan motor sampah dan gerobak sampah kepada para ketua RW dan atas permohonan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi, dari hasil reses.

Untuk motor sampahnya berjumlah 24 unit, dan kemudian gerobak sampahnya 20 unit, Ini semua sesuai dengan pengajuan dari masyarakat yang diminta yaitu motor sampah dan gerobak sampah.

“Alhamdulillah hari ini secara simbolis kita serahkan untuk membantu penanganan sampah di lingkungan masyarakat RW masing-masing,” ujar Ngatiyana.

Dikatakan pula oleh Ngatiyana, masalah bantuan sarana-prasarana persampahan ini merupakan bentuk dorongan (motivasi) dari Pemerintah Kota Cimahi kepada masyarakat untuk dapat mengelola dan melakukan pemilahan sampah sejak dari lingkungan rumah tangga.

Plt Walikota Cimahi Letkol Inf (Purn) Ngatiyana secara simbolis sedang menyerahkan motor roda tiga (Trisida) dan gerobak sampah pada penerima manfaat

“Sampah-sampah ini yah awalnya dari rumah tangga, nanti diambil di tempat-tempatnya kemudian dibawa lalu dibuang ke Tempat Pembuangan SAmpah (TPS), Jadi disitu sudah dipilah-pilah kan antara sampah organik, non-organik dan sebagainya, sehingga sampai ke tempat pembuangan, dan sampah sudah tidak tercampur baur, ini diharapkan dapat ditekankan agar dilaksanakan sebagaimana mestinya,” tegas Ngatiyana.

Pada kesempatan tersebut, Ngatiyana meminta kepada para ketua RW dan unsur masyarakat penerima manfaat agar dapat memelihara dan memanfaatkan sarana dan prasarana persampahan yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya.

Khusus untuk motor sampah, Ngatiyana pun, telah kepada penerima manfaat, untuk penggunaan fasilitas tersebut memerlukan keahlian spesifik sehingga perlu ditunjuk tenaga khusus untuk mengoperasikannya.

“Disini, kami tekankan juga kepada para pemegang kendaraan tersebut, agar motor sampah dan gerobak sampah, dapat dirawat dengan baik, digunakan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai cepat rusak, juga dipegang oleh yang bisa menguasai atau mengendalikan kendaraan ini, karena kendaraan motor sampah ini susah. Jadi harus dicari siapa pemegangnya, tidak boleh sembarang tangan memegang, yang toh akhirnya nanti bisa menimbulkan kecelakaan,” papar Ngatiyana.

Ngatiyana saat disinggung tentang rencana pengelolaannya sampah dikota Cimahi kedepannya, menurut nya, saat ini Pemerintah Kota Cimahi sedang mematangkan rencana kebijakan terkait hal tersebut, karena, permasalahan sampah sangat pelik, dan tidak akan selesai kalau hanya dikerjakan oleh pihak Pemkot Cimahi, saja.

“Untuk itu dibutuhkan peran serta masyarakat hingga skala terkecil, yaitu limbah sampah rumah tangga, untuk mengurangi besaran volume sampahnya, yang tiap hari dihasilkan oleh masyarakat sekaligus bagaana cara mengurangi ketergantungan pada Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang ada di daerah lain,” jelasnya.

Perihal pembuangan sampah, perlu disampaikan bahwa mulai tahun 2024 nanti rencananya, untuk pembuangannya kita tidak lagi ke TPS Sari Mukti tapi ke TPS Legok Nangka.

“Jadi sisa waktu ini, Dinas Lingkungan Hidup sedang berupaya bagaimana caranya, daripada terus membuang ke TPS di luar daerah yang cost nya terlalu tinggi, lebih baik kita mengadakan mesin-mesin pengolah sampah yang dikelola di Kota Cimahi,”, pungkas Ngatiyana.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Mochamad Ronny bahwa, penyerahan bantuan motor roda tiga dan gerobak sampah ini berasal dari anggaran rutin DLH tahun 2020 dalam hal penyediaan sarana dan prasarana persampahan, yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan sarana angkutan sampah skala Rukun Warga (RW) di Kota Cimahi.

Ditambahkannya, dalam pengadaan sarana angkutan sampah untuk masyarakat Kota Cimahi tahun 2020 terdiri dari motor roda tiga sampah sebanyak 24 unit dengan rincian peruntukan bagi pemenuhan ajuan dari masyarakat sebanyak 23 unit dan pemenuhan hasil reses anggota DPRD Kota Cimahi sebanyak 1 unit.

Adapun untuk gerobak sampah sebanyak 20 unit, dengan rincian peruntukan bagi pemenuhan ajuan dari masyarakat sebanyak 14 unit dan pemenuhan hasil reses anggota DPRD Kota Cimahi sebanyak 7 unit.

Jadi tujuan dari penyerahan bantuan motor roda tiga dan gerobak sampah ini untuk membantu menciptakan sistem pengelolaan sampah dimulai dari sumber yang baik dan sesuai dengan amanat perundang-undangan menuju lingkungan Kota Cimahi yang bersih dan sehat.

“Bantuan ini juga merupakan bagian dari pengembangan program pengelolaan Sampah dengan Sistem 3R (Reduce, Reuse and Recycle),” papar Ronny.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Cimahi, Achmad Nuriana, Sekretaris DPRD Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan, Plt. Kepala DLH Mochamag Rony, beserta jajarannya, para Camat, Lurah dan ketua RW se-Kota Cimahi beserta unsur masyarakat penerima bantuan.

(Sinta/Bagdja)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *